Kompas.com - 22/02/2021, 13:27 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19 di ruang perawatan intensif (ICU). SHUTTERSTOCK/HalfpointIlustrasi pasien Covid-19 di ruang perawatan intensif (ICU).


KOMPAS.com- Ruang Intensive Care Unit (ICU) rumah sakit rujukan Covid-19 di banyak kota di Indonesia penuh. Akibatnya, pasien Covid-19 yang benar-benar membutuhkan ruang ICU segera harus bertaruh nyawa.

Dilansir Healthline, Selasa (22/12/2020), jika masih tersedia ruangan, pasien akan mendapat perawatan yang lebih optimal. 

Namun saat semua ruangan ICU penuh, artinya tren kekurangan staf akan meningkat, perawatan dan peralatan terbatas, dan ruangan lain di rumah sakit habis.

Sehingga, jika ruang ICU Covid-19 penuh, maka banyak pasien yang harusnya mendapatkan perawatan di ICU tidak dapat tertolong dan berakhir pada kematian.

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik dan ICU Penuh, Apa Dampaknya Bagi Rumah Sakit?

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, ruangan ICU itu sendiri berfungsi sebagai ruangan khusus untuk merawat pasien dengan keadaan yang membutuhkan pengawasan ketat, karena di dalam ruang ICU umumnya dilengkapi dengan peralatan medis khusus.

Di antaranya seperti monitor, ventilator, defribrilator (alat kejut jantung), selang makanan, infus, dan kateter.

Lantas apakah boleh keluarga pasien menyediakan sendiri alat bantu napas (tabung oksigen) sebelum bisa ditangani di ruang ICU rumah sakit?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Makassar, dr Fabiola Maureen Shinta Adam SpPD KEMD pun angkat bicara terkait penyediaan alat bantu pernapasan oleh keluarga pasien Covid-19 saat ruangan ICU penuh.

Baca juga: Positif Covid-19 Tinggi ICU Rumah Sakit Semakin Penuh, Begini Strategi dari Ahli

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.