Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Diabetes Boleh Divaksin Covid-19, Asalkan…

Kompas.com - 21/02/2021, 19:03 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

-

KOMPAS.com - Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang terinfeksi Covid-19 berisiko lebih tinggi mengembangkan gejala yang lebih parah jika memiliki penyakit penyerta, termasuk diabetes.

Pasien diabetes merupakan kelompok yang rentan terinfeksi Covid-19, karena mengalami penurunan sistem imun.

Selain itu, menurut Dr. dr. Em Yunir, SpPD-KEMD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Metabolik Endokrin dari RS Cipto Mangunkusumo, pasien diabetes juga mudah mengalami berbagai macam infeksi yang dapat memperparah kondisi penyakit diabetesnya.

Baca juga: Ahli Sebut Infeksi Covid-19 dan Diabetes Ada Kaitannya, Kok Bisa?

Oleh sebab itu, dikatakan dr. Em Yunir, penyandang diabetes perlu mendapatkan vaksin Covid-19.

“Vaksin dapat mengurangi angka morbiditas dan mortalitas pasien Diabetes Melitus dengan Covid-19,” kata dokter yang juga Sekjen Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) dalam siaran pers "Vaksin Covid-19 dan Diabetesi bersama aplikasi Teman Diabetes" yang diterima Kompas.com.

Sebagai informasi, penyandang diabetes yang terinfeksi Covid-19 mencapai 35 persen dari jumlah pasien Covid-19 yang ada di Indonesia.

Tingginya angka pasien diabetes yang terinfeksi virus Covid-19, juga menjadi salah satu alasan diabetesi perlu divaksin.

Pasien diabetes yang bisa menerima vaksin Covid-19

Meski demikian, tak semua penyandang diabetes bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19. Para dokter Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) merekomendasikan penyandang diabetes yang dapat menerima vaksin Covid-19 adalah penyandang diabetes melitus tipe 2 terkontrol dan HbA1c <7,5%.

Bukan hanya itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pasien diabetes sebelum menerima vaksin Covid-19. Salah satunya, mengetahui apakah diabetes yang diderita dalam kondisi akut atau terkontrol dengan obat-obatan.

Baca juga: Apakah Pasien Kanker Bisa Mendapat Vaksin Covid-19? Ahli Jelaskan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com