Penyebab Kematian Firaun Mesir ke-14 Cukup Brutal, Ada Penyerangan

Kompas.com - 20/02/2021, 19:00 WIB
Hasil pemindaian firaun Mesir bernama Seqenenre Taa-II.
iflscienceHasil pemindaian firaun Mesir bernama Seqenenre Taa-II.

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi rupanya turut membantu ilmu pengetahuan menguak berbagai misteri masa lalu.

Seperti pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT) yang dilakukan terhadap mumi berusia 3.600 tahun ini.

Mumi tersebut adalah seorang firaun Mesir bernama Seqenenre Taa-II, firaun ke-14 dari dinasti Theban dan pemimpin Mesir selatan selama pendudukan Mesir oleh Hyksos.

Sayang, dalam upayanya untuk menggulingkan Hyksos, firaun itu kemudian terbunuh.

Baca juga: Sangat Mewah, Firaun Mesir Ini Pakai Perhiasan dari Pecahan Meteorit

Namun kematian Seqenenre Taa-II menjadi misteri. Sejak penemuan muminya pada tahun 1880-an, para ahli masih memperdebatkan penyebabnya.

Studi sebelumnya mencatat bahwa firaun memiliki luka kepala yang parah tetapi tak ada luka lain di tubuhnya. Hal tersebut memunculkan teori bahwa ia ditangkap dalam pertempuran dan dieksekusi setelahnya.

Kondisi mumi yang buruk juga menunjukkan bahwa pembalseman dilakukan dengan tergesa-gesa dan tak sesuai dengan ritual dan teknik mumifikasi kerajaan yang epik.

Berkat pemindaian CT, peneliti kini berhasil mengungkap teka teki kematian firaun tersebut.

Dikutip dari IFL Science, Jumat (19/2/2021) dalam studi terbaru peneliti menyebut bahwa kematian Seqenenre Taa-II cukup brutal.

Hasil pemindaian menunjukkan adanya beberapa luka di kepala yang tak dijelaskan sebelumnya. Peneliti kemudian merumuskan teori baru jam-jam terakhir firaun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X