Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Alasan Bekerja di Tempat Tidur Tidak Baik untuk Kesehatan

Kompas.com - 20/02/2021, 12:00 WIB
Dea Syifa Ananda,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Pandemi akibat virus Covid-19 membuat sebagian dari Anda harus bekerja di rumah.

Tak pernah kita bayangkan sebelumnya bahwa sekarang Anda bisa bekerja sambil santai, dengan pakaian rumah, atau bekerja di atas kasur.

Namun perlu diingat, bekerja di atas kasur bisa berdampak buruk bagi kesehatan. 

Baca juga: Bahaya Makanan Kekinian untuk Kesehatan, Manisnya Picu Diabetes

1. Kualitas tidur terganggu

Seperti dilansir dalam Healthline, Jumat (11/9/2020), psikoterapis dan terapis pengobatan tidur perilaku Annie Miller mengatakan bahwa ada alasan yang sangat spesifik kenapa kita tidak boleh bekerja dari tempat tidur.

“Saat kita menggunakan tempat tidur untuk aktivitas lain, seperti bekerja, membaca, atau menonton TV, kita akan menciptakan perasaan asosiasi selalu terjaga. Padahal saat kita berada di tempat tidur, harusnya menjadi isyarat untuk tidur. Dan bekerja di tempat tidur melemahkan asosiasi ini,” kata Miller.

Sederhananya, tempat tidur harusnya diasosiasikan untuk dua hal saja yaitu tidur dan keintiman. 

Namun, Miller menyarankan tips jika harus bekerja di tempat tidur. Yaitu dengan memberi diri Anda setidaknya 30 menit hingga dua jam untuk tidak menggunakan gadget sebelum tidur.

2. Mengurangi produktivitas

Bekerja dari tempat tidur menurunkan kualitas tidur, yang nantinya menurunkan produktivitas kerja, tingkat energi, dan kualitas hidup.

Menggunakan tempat tidur sebagai ruang kerja berarti membawa pekerjaan Anda ke tempat tidur, baik secara harfiah maupun kiasan.

Jika Anda telah bekerja sepanjang hari dari tempat tidur, Anda kemungkinan akan terus memikirkan tentang pekerjaan dan kesulitan dalam pekerjaan tersebut. 

Di sisi lain, Anda mungkin akan merasa tidak produktif sepenuhnya. Apalagi mata anda menjadi berat dan akhirnya memilih untuk tidur siang padahal anda harus bekerja.

Selain itu, insomnia adalah masalah tidur nomor satu yang mengganggu produktivitas kerja. Ini bisa menjadi komplikasi dengan atau tanpa bekerja dari tempat tidur, tetapi mencampurkan pekerjaan dan ruang tidur Anda cenderung memperburuk keadaan.

Ilustrasi bekerja dari rumah atau work from home (WFH). (Dok. Vlada Karpovich - Pexels) Ilustrasi bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

3. Berakibat pada postur tubuh

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com