Kompas.com - 20/02/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi bekerja dari rumah. SHUTTERSTOCKIlustrasi bekerja dari rumah.

KOMPAS.com - Pandemi akibat virus Covid-19 membuat sebagian dari Anda harus bekerja di rumah.

Tak pernah kita bayangkan sebelumnya bahwa sekarang Anda bisa bekerja sambil santai, dengan pakaian rumah, atau bekerja di atas kasur.

Namun perlu diingat, bekerja di atas kasur bisa berdampak buruk bagi kesehatan. 

Baca juga: Bahaya Makanan Kekinian untuk Kesehatan, Manisnya Picu Diabetes

1. Kualitas tidur terganggu

Seperti dilansir dalam Healthline, Jumat (11/9/2020), psikoterapis dan terapis pengobatan tidur perilaku Annie Miller mengatakan bahwa ada alasan yang sangat spesifik kenapa kita tidak boleh bekerja dari tempat tidur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saat kita menggunakan tempat tidur untuk aktivitas lain, seperti bekerja, membaca, atau menonton TV, kita akan menciptakan perasaan asosiasi selalu terjaga. Padahal saat kita berada di tempat tidur, harusnya menjadi isyarat untuk tidur. Dan bekerja di tempat tidur melemahkan asosiasi ini,” kata Miller.

Sederhananya, tempat tidur harusnya diasosiasikan untuk dua hal saja yaitu tidur dan keintiman. 

Namun, Miller menyarankan tips jika harus bekerja di tempat tidur. Yaitu dengan memberi diri Anda setidaknya 30 menit hingga dua jam untuk tidak menggunakan gadget sebelum tidur.

2. Mengurangi produktivitas

Bekerja dari tempat tidur menurunkan kualitas tidur, yang nantinya menurunkan produktivitas kerja, tingkat energi, dan kualitas hidup.

Menggunakan tempat tidur sebagai ruang kerja berarti membawa pekerjaan Anda ke tempat tidur, baik secara harfiah maupun kiasan.

Jika Anda telah bekerja sepanjang hari dari tempat tidur, Anda kemungkinan akan terus memikirkan tentang pekerjaan dan kesulitan dalam pekerjaan tersebut. 

Di sisi lain, Anda mungkin akan merasa tidak produktif sepenuhnya. Apalagi mata anda menjadi berat dan akhirnya memilih untuk tidur siang padahal anda harus bekerja.

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.