Kompas.com - 17/02/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi vaksinasi pada lansia SHUTTERSTOCK/BaLL LunLaIlustrasi vaksinasi pada lansia

KOMPAS.com - Vaksinasi Covid-19 telah dilakukan di Indonesia sejak Rabu (13/1/2021) untuk menekan laju penyebaran virus corona. Pada 8 Februari 2021, pemerintah menyatakan bahwa vaksin Covid-19 juga diperuntukkan untuk orang lanjut usia (lansia) usia 60 tahun ke atas.

Namun, kebanyakan kelompok usia 60 tahun keatas memiliki penyakit penyerta/komorbit seperti hipertensi, diabetes militus, bahkan kanker.

Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan, apakah pasien atau penyintas kanker bisa mendapat vaksin Covid-19? Apakah vaksinasi ini aman untuk penderita kanker?

Baca juga: Selama Pandemi Covid-19 di Asia, Kunjungan Pasien Kanker ke Layanan Kesehatan Menurun

Haruskah pasien kanker dan survivor mendapatkan vaksin?

Dr.Ronald Alexander Hukom Konsultan Hematologis dan Medical Oncologis menjawab pertanyaan tersebut melalui webinar yang diselenggarakan oleh Cancer Information and Support Center (CISC) Selasa, (16/2/2021).

Banyak kelompok ahli merekomendasikan, orang dengan kanker atau riwayat kanker perlu mendapatkan vaksin Covid-19 begitu tersedia.

Namun Ronald menjelaskan, yang menjadi fokus utama terkait vaksin Covid-19 untuk penderita kanker bukan aman atau tidak.

Namun yang terpenting adalah seberapa efektif vaksin, terutama pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

“Kalau soal keamanan pemberian vaksin pada pasien kanker aman atau tidaknya, pasti aman. Tidak menjadi masalah, karena sampai sekarang vaksin yang digunakan untuk Covid-19 ini bukan vaksin hidup,” ungkap Dr.Ronald.

Para penyintas atau penderita kanker memang lebih berisiko terkena infeksi Covid-19 dari yang lain. Itu karena vaksinasi ini berkaitan dengan sistem imun.

Di sisi lain, masalah yang dihadapi oleh penderita kanker salah satunya adalah gangguan sistem imun.

Nah padahal, respons imun inilah yang sangat berperan dalam melawan virus corona SARS-CoV-2 di dalam tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.