Kompas.com - 11/02/2021, 09:02 WIB


KOMPAS.com- Kanker lambung disebabkan oleh adanya sel-sel kanker yang tumbuh di dalam lambung menjadi tumor, dan biasanya tumbuh perlahan selama bertahun-tahun. Salah satu penyebab terjadinya kanker lambung ini adalah masuknya bakteri Helicobacter pylori (H. pylori).

 

Apa itu bakteri Helicobacter pylori?

Helicobacter pylori adalah sejenis bakteri yang sering dikenal sebagai penyebab utama tukak lambung. Bukti telah ditemukan bahwa infeksi H. pylori sebagai faktor risiko kanker perut.

Melansir MedicineHealth, ketika infeksi H. pylori teridentifikasi, infeksi tersebut dapat diobati dengan antibiotik. Pengujian pada bakteri H. pylori adalah salah satu cara untuk menurunkan kejadian kanker perut. 

Baca juga: 6 Gejala Kanker Lambung yang Patut Diwaspadai

 

Bakteri ini dapat menginfeksi lapisan lambung, dan mengakibatkan gejala seperti sakit perut, intoleransi makanan akibat peradangan kronis, dan terkadang pendarahan dari tukak lambung.

Namun, infeksi H. pylori yang biasanya memicu tukak lambung, seringkali tidak menimbulkan gejala apapun. 

Bagaimana bakteri H. pylori dapat masuk ke tubuh kita?

Meskipun tidak diketahui secara pasti bagaimana H. pylori memasuki tubuh, para peneliti percaya bahwa bakteri berbentuk spiral ini mungkin masuk ke tubuh Anda melalui mulut.

Baca juga: Mengenal Kanker Lambung, dari Gejala hingga Faktor Risikonya

 

Menurut Prof Dr dr Aru Sudoyo SpPD selaku ketua Yayasan Kesehatan Indonesia (YKI), H. pylori dapat ditemukan di makanan atau air yang terkontaminasi.

"Maka dari itu, penting sekali untuk mencuci tangan dan memastikan air yang kita konsumsi sudah layak minum," ungkap Prof Aru Sudoyo dalam diskusi yang bertajuk Waspada Kanker Lambung Mengintai Anda, Rabu (10/2/2021)

Deteksi bakteri penyebab kanker lambung

Lebih lanjut, Prof Aru menjelaskan beberapa cara mendeteksi adanya bakteri penyebab kanker lambung berikut ini:

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.