Kompas.com - 09/02/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi anjing memakan tulang. PIXABAY/JEANETTE1980Ilustrasi anjing memakan tulang.

KOMPAS.com - Anjing tidak bisa lepas dan identik dengan salah satu makanan favoritnya, tulang. Mengunyah tulang adalah hobi mereka.

Namun, kita juga sering melihat anjing suka mengubur tulang favoritnya ini.

Kalau memang mereka mencintai tulang, untuk apa dikubur?

Ternyata, ada alasan menarik di balik perilaku ini.

Seperti layaknya manusia yang suka berinvestasi untuk masa depan, anjing juga "berinvestasi" pada tulangnya.

Baca juga: Seperti Batita, Anjing Jenius Bisa Mengenal Nama Obyek dengan Cepat

Hal ini dikatakan oleh Teoti Anderson, pelatih anjing profesional dan konsultan perilaku hewan yang berbasis di Florida.

"Alasan seekor anjing mengubur sesuatu adalah mereka ingin menyimpannya untuk nanti," ungkapnya seperti dilansir Live Science, Sabtu (23/1/2021).

"Saat Anda tidak tahu kapan akan menemukan makanan berikutnya, masuk akal untuk menyembunyikan sisa makanan tersebut.” lanjut Teoti. 

Tindakan mengubur tulang adalah jenis penyimpanan makanan untuk bisa dinikmati nanti.

Hal ini adalah perilaku umum bagi banyak spesies burung dan mamalia, termasuk pada anjing leluhur anjing domestik - serigala abu-abu - di mana anjing modern mewarisi naluri mengubur mereka. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X