Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah di Luar Ruangan Juga Perlu Memakai Masker?

Kompas.com - 09/02/2021, 07:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Memakai masker adalah salah satu cara paling sederhana yang selalu disarankan, diimbau, dan ditegaskan dalam aturan pencegahan virus corona penyebab penyakit Covid-19.

Selain memakai masker, dalam panduan protokol kesehatan, juga disarankan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, serta aturan tambahan untuk menghindari kerumunan.

Masker wajah wajib dikenakan, saat berada di tempat-tempat umum, seperti di transportasi umum, supermarket, bank, toko, dan berbagai tempat lainnya.

Di Inggris, meski telah mewajibkan mengenakan masker di banyak tempat di dalam ruangan sejak Juni 2020, penggunaan penutup wajah di luar ruangan tidak diwajibkan.

Lantas, apakah memakai masker juga berlaku di luar ruangan?

Baca juga: Jokowi Divaksin, Ahli Ingatkan Tetap Memakai Masker dan Jaga Jarak

 

Para ahli yang tergabung dalam Scientific Advisory Group for Emergencies (SAGE), yakni kelompok penasihat ilmiah, telah menyarankan agar orang-orang tetap mempertimbangkan penggunaan masker di luar ruangan.

Dikutip dari Independent, Senin (8/2/2021), mengingat varian baru Covid-19 telah bermunculan, para ahli semakin menyerukan untuk tetap mempertimbangkan penggunaan masker selama di luar ruangan.

Dalam makalah terkait perubahan aturan yang disampaikan kepada Pemerintah Inggris, kelompok ini menyampaikan, "Pertimbangan harus diberikan untuk menggunakan penutup wajah dalam pengaturan yang lebih luas di mana orang mungkin memiliki asimptomatik dan berada di dekatnya. Ini mungkin termasuk di luar ruangan yang sulit untuk menjaga jarak dan orang-orang mungkin berdekaan dalam waktu yang lama".

Baca juga: 5 Alasan Harus Tetap Pakai Masker Meski Sudah Vaksin Covid-19

 

Panduan itu muncul setelah Wali Kota London Sadiq Khan juga mengatakan dalam sebuah surat bersama kepada perdana menteri yang dikirim bersama Dewan London bahwa tindakan yang lebih keras adalah "masalah urgensi" untuk memerangi penyebaran varian baru virus corona.

Dalam surat tersebut, mereka juga menyerukan masker wajah wajib di luar rumah, termasuk di antrean supermarket, jalan raya, dan tempat luar ruangan lainnya yang mungkin ramai.

Manfaat memakai masker di luar ruangan

Penggunaan masker wajah di tempat umum yakni di luar ruangan juga telah diberlakukan sejumlah negara, seperti Perancis, Spanyol, dan Italia.

Lalu, apa manfaat tetap memakai masker di luar ruangan?

Baca juga: Ahli Sarankan Pakai 2 Masker untuk Perlindungan Maksimal dari Virus Corona

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com