Ditemukan di Kamp Kematian, Tanda Pengenal Anak Ini Ungkap Kekejaman Nazi

Kompas.com - 08/02/2021, 09:03 WIB
Tanda pengenal milik Deddie Zak yang berusia 8 tahun yang ditemukan di kamp kematian Sobibor, Polandia. live scienceTanda pengenal milik Deddie Zak yang berusia 8 tahun yang ditemukan di kamp kematian Sobibor, Polandia.

KOMPAS.com - Arkeolog menemukan tanda pengenal dari empat anak yang dibunuh Nazi di kamp kematian Sobibor di Polandia timur.

Identitas itu berupa label logam dan diberikan pada anak-anak oleh orangtuanya sebelum dipisahkan dari mereka.

Orangtua berharap tanda pengenal itu nantinya dapat membantu anak-anak dikembalikan ke rumah.

"Setiap artefak kecil yang kami miliki membawa sebuah cerita. Ini adalah kisah komunitas dari mereka yang datang ke Sibobor," kata Yoram Haimi, arkeolog di Israel Antiquities Authority, seperti dikutip dari Live Science, Minggu (7/2/2021).

Selama Holocaust, Nazi membunuh 6 juta orang Yahudi, serta penyandang disabilitas, Roma, Polandia, dan orang Slavia lainnya.

Baca juga: Mesin Kode Zaman Perang Dunia II Milik Nazi Ditemukan di Laut Baltik

Di Sobibor saja, menurut Encyclopedia Britannica sekitar 250.000 orang- kebanyakan orang Yahudi Polandia- dibunuh antara Mei 1942 dan Oktober 1943.

Sobibor sendiri terhubung dengan jalur kereta api yang digunakan untuk membawa orang-orang Yahudi dari seluruh Eropa.

Di dekat platform kereta api kamp itulah Haimi dan rekan-rekannya menemukan label pertama, milik Lea Judith De La Penha yang berusia 6 tahun yang terbunuh pada tahun 1943.

Tim kemudian menemukan tiga pengenal lainnya antara tahun 2012 dan 2014 di area pembunuhan kamp, yang merupakan kamar gas, krematorium, dan kuburan massal.

Tanda pengenal itu milik Deddie Zak yang berusia 8 tahun, Annie Kapper yang berusia 12 tahun dan David Juda Van der Velde yang berusia 11 tahun.

Tetapi ada yang menarik dari tanda pengenal David Juda. Identitas miliknya hanya tinggal setengah dan menunjukkan tanda-tanda kerusakan akibat terbakar.

"Nazi membakar tubuhnya dan hanya menyisakan tanda pengenal ini," jelas Haimi.

Baca juga: Buku Harian Nazi Ditemukan, Ungkap Lokasi Harta Karun Perang Dunia II

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.