Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Penyakit yang Sering Muncul di Musim Hujan, Flu hingga Leptospirosis

Kompas.com - 03/02/2021, 09:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia saat ini berada di puncak musim hujan. Dalam kondisi seperti ini, berbagai potensi penyakit dapat timbul dan kita perlu mewaspadainya.

"Potensi kita terjangkit penyakit di musim hujan dan banjir cukup besar, karena saat musim hujan sistem imun kita cenderung berkurang. Ini akibat aktivitas yang terbatas dan cuaca yang membuat kita malas sehingga menghambat untuk berolahraga,” ujar dr. Alex Ranuseto, Sp.PD. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Betang Pambelum (Palangkaraya).

Menurut dr Alex, penyakit yang berpotensi timbul saat musim hujan dan banjir adalah flu (influensa), demam berdarah, malaria, diare, hepatitis A, demam tifoid (infeksi akut usus halus yang disebabkan oleh salmonella typhi), dan leptospirosis.

Baca juga: 3 Cara Mencegah Penyakit Saat Berenang di Kolam Renang Rekreasi

Salah satu penyakit yang paling banyak menyebar saat musim hujan adalah penyakit yang ditularkan nyamuk.

Alex menambahkan, kasus penyakit karena nyamuk bertambah di musim hujan karena adanya genangan air.

Genangan air menjadi indukan nyamuk selama musim hujan dan banjir dan menjadi media penularan yang mudah dan cepat untuk penyakit leptospirosis (infeksi yang disebabkan oleh hewan).

Ditambah lagi, bila sudah terjangkit penyakit yang berhubungan dengan musim hujan dan tertular Covid-19, kondisi kesehatan dapat dipastikan makin memburuk.

"Tentu saja bila seseorang telah terjangkit salah satu penyakit musim hujan kemudian terinfeksi Covid-19, akan menjadi lebih berat prognosis (perkembangan penyakit) yang dideritanya,” ujar dr. Alex dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (2/2/2021).

Untuk itu, masyarakat perlu berhati-hati terhadap dampak terburuk penyakit-penyakit yang diderita seseorang selama musim hujan dan banjir tersebut.

Alex mengimbau agar masyarakat memahami gejala-gejala yang muncul selama musim hujan dan banjir:

1. Flu (influensa)

Gejala flu mulai dari keluhan demam, batuk, pilek, radang tenggorok, hingga potensi terjadi pneumonia (radang paru akut) yang bisa menyebabkan kematian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com