Kompas.com - 02/02/2021, 06:17 WIB
Batu meteorit yang menghantam rumah warga di Lampung Tengah. Peneliti Itera Lampung memastikan batu itu adalah pecahan meteor yang masuk atmosfer bumi. Dok. Humas Itera LampungBatu meteorit yang menghantam rumah warga di Lampung Tengah. Peneliti Itera Lampung memastikan batu itu adalah pecahan meteor yang masuk atmosfer bumi.

KOMPAS.com - Pekan lalu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah punya oximeter.

Alat kecil ini dapat membantu pasien mengukur kadar oksigen dalam darah secara mandiri untuk berjaga-jaga.

Oximeter adalah salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi Senin (1/2/2021).

Selain itu, ahli menemukan reptil terkecil di dunia yang bentuknya mirip tokek tapi ukurannya hanya sekuku jempol hingga meteorit jatuh di Lampung.

Baca juga: [POPULER SAINS] Makanan yang Harus Dihindari untuk Menurunkan Berat Badan | UEA Segera Mengorbit di Mars

Berikut 4 berita populer Sains Kompas.com beserta penjelasannya.

1. Oximeter, alat kecil yang direkomendasikan WHO untuk pasien Covid-19

Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) menganjurkan pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah memiliki oximeter nadi atau pulse oximeter.

Juru bicara WHO Margaret Harris mengatakan bahwa, hal ini agar pasien dapat mengukur kadar oksigen secara mandiri.

"Sehingga Anda dapat mengidentifikasi apakah saat (isolasi mandiri) di rumah kesehatan memburuk atau lebih baik dirawat di rumah sakit," jelas Harris dalam pengarahan PBB di Jenewa seperti dilansir Reuters, 26 Januari 2021.

Oximeter akan membantu pasien Covid-19 memantau kadar oksigen. Saat level oksigen pasien terdeteksi menurun, mereka dapat dibawa ke rumah sakit.

Untuk memahami manfaat hingga cara kerja oximeter, baca rangkumannya di sini:

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X