Kompas.com - 28/01/2021, 19:03 WIB
Ilustrasi virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Peneliti kembali buktikan efek virus corona pada otak yang dapat menyebabkan efek kognitif, kabut otak hingga kelelahan.(SHUTTERSTOCK/creativeneko) KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFALIlustrasi virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Peneliti kembali buktikan efek virus corona pada otak yang dapat menyebabkan efek kognitif, kabut otak hingga kelelahan.(SHUTTERSTOCK/creativeneko)

KOMPAS.com- Studi baru yang dilakukan sekelompok ilmuwan di La Jolla Institute for Immunology (LJI) menunjukkan bukti kemampuan sel T dalam mencoba melawan serangan virus corona SARS-CoV-2.

Cara sel T melawan SARS-CoV-2 ini yakni dengan melakukan penyerangan dari berbagai bagian virus, tidak hanya serangan pada bagian utama virus yakni protein spike yang berperan dalam menginfeksi sel inang saat menginfeksi tubuh.

Dalam studi seperti dikutip dari Phys, Kamis (28/1/2021), dengan menyerang virus dari berbagai sudut, tubuh memiliki alat untuk mengenali varian virus SARS-CoV-2 yang berbeda.

Studi baru yang diterbitkan 27 Januari 2021 di jurnal Cell Report Medicine tersebut, sejauh ini merupakan analisis paling rinci tentang bagaimana protein pada SARS-CoV-2 merangsang respons terkuat dari sel CD4+ T yang berperan sebagai penolong sistem kekebalan dan sel CD8+ T yang menjadi pembunuh.