Paus Mati di Mediterania, Bangkai Terbesar yang Pernah Ditemukan

Kompas.com - 25/01/2021, 10:02 WIB
Paus sirip (Balaenoptera physalus) ditemukan mati di dekat pelabuhan Sorrento Italia awal pekan ini. Panjang paus itu diperkirakan sekitar 20 meter dan kemungkinan beratnya lebih dari 77 ton. Ini adalah salah satu bangkai terbesar yang pernah ditemukan di Laut Mediterania. FACEBOOK/Corpo delle Capitanerie di Porto - Guardia CostieraPaus sirip (Balaenoptera physalus) ditemukan mati di dekat pelabuhan Sorrento Italia awal pekan ini. Panjang paus itu diperkirakan sekitar 20 meter dan kemungkinan beratnya lebih dari 77 ton. Ini adalah salah satu bangkai terbesar yang pernah ditemukan di Laut Mediterania.

KOMPAS.com - Bangkai paus sirip atau yang dikenal sebagai paus finback (Balaenoptera physalus) ditemukan di dekat pelabuhan Sorrento Italia awal pekan ini.

Hal tersebut dikabarkan oleh Penjaga Pantai Italia dalam sebuah posting Facebook.

Penjaga pantai menemukan bangkai itu pada Minggu (17/1/2021), sebelum menariknya ke pelabuhan terdekat di Napoli.

Bangkai paus itu berukuran panjang sekitar 20 meter dan kemungkinan beratnya lebih dari 77 ton. Ini kemungkinan besar adalah salah satu bangkai terbesar yang pernah ditemukan di Laut Mediterania.

Baca juga: Spesies Paus Baru Ditemukan di Meksiko

Dilansir Live Science, Sabtu (23/1/2021), penyelam penjaga pantai pertama kali menemukan paus tersebut setelah seekor anak paus muda berenang ke pelabuhan Sorrento dalam keadaan tertekan.

Anak paus tersebut dilaporkan membenturkan kepalanya ke dinding pelabuhan beberapa kali sebelum mundur kembali ke bawah air.

Saat penyelam mengikutinya, mereka menemukan bangkai paus sirip.

Anak paus tersebut diduga kuat sebagai keturunan paus yang mati, dan penjaga pantai masih memantau tanda-tanda kembalinya paus muda tersebut.

Sementara itu, ahli biologi kelautan di Napoli sedang bekerja untuk memastikan penyebab kematian paus sirip tersebut.

Baca juga: Nyaris Utuh, Kerangka Paus Purba Berusia 5.000 Tahun Ditemukan di Thailand

Paus sirip yang juga dikenal sebagai paus finback adalah hewan terbesar kedua di Bumi, setelah paus biru yang ikonik.

Paus sirip dapat tumbuh hingga panjang 25 meter dan berat hingga 80 ton, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Spesies mereka terancam punah karena perburuan paus komersial yang menghancurkan populasi populasi sirip secara global selama abad terakhir.

Saat ini, perburuan paus komersial adalah ilegal di sebagian besar dunia, dan pemogokan kapal merupakan ancaman terbesar bagi finback, menurut NOAA.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X