Ini Beda Waterspout Waduk Gajah Mungkur dan Angin Puting Beliung

Kompas.com - 21/01/2021, 17:28 WIB
PUTING BELIUNG-Nampak puting beliung terlihat diatas Waduk Gajah Mungkur Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Rabu (20/1/2021) sore. KOMPAS.COM/PUTING BELIUNG-Nampak puting beliung terlihat diatas Waduk Gajah Mungkur Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Rabu (20/1/2021) sore.


KOMPAS.com- Fenomena alam mirip puting beliung yaitu waterspout menerjang kawasan Waduk Gajah Mungkur Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah padapukul 16.00 WIB, Rabu (20/1/2021).

Namun, meskipun tampak serupa, ternyata fenomena angin puting beliung dan waterspout merupakan dua hal yang berbeda.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( Lapan) menjelaskan terdapat perbedaan mendasar antara fenomena waterspout dan angin puting beliung akibat kondisi anomali cuaca.

Menurut Peneliti Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) Lapan, Dr Erma Yulishatin dalam keterangan resminya di akun instagram @lapan_ri mengatakan bahwa perbedaan waterspout dengan puting beliung dapat diidentifikasi dari koneksinya dengan media air yang terdapat di bagian dasarnya.

Baca juga: Puting Beliung di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, BMKG Sebut Itu Waterspout

 

Berikut perbedaan waterspout dan angin puting beliung;

1. Angin puting beliung 

Menurut ahli, tornado keturunan Jepang, Tetsuya Fujita dari Universitas Chicago, angin puting beliung atau disebut juga dengan small tornado memiliki kecepatan angin dan dampak kerusakan pada kisaran di bawah skala Fujita-2 (F-2).

"Dengan demikian, puting beliung memiliki lintasan kurang dari satu kilometer dengan durasi hidup di bawah satu jam," kata Erma.

Ditambahkan oleh Astronom Amatir Indonesia Marufin Sudibyo, angin puting beliung pada dasarnya memiliki pusat dengan bertekanan udara lebih rendah ketimbang bagian di sekelilingnya.

"Sehingga, udara pun berhembus kencang dari bagian luar ke arah pusat," kata Marufin dalam pernyataan yang terpisah.

Baca juga: Waterspout Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Ini 5 Tanda Kemunculannya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X