Kompas.com - 21/01/2021, 08:05 WIB

KOMPAS.com - Para ahli telah menemukan sisa-sisa dari dinosaurus raksasa di Argentina. Ahli percaya jika fosil tersebut bisa menjadi salah satu mahluk terbesar yang pernah berjalan di Bumi.

Seperti dikutip dari CNN, Rabu (20/1/2021) paleontolog menemukan sisa-sisa fosil berusia 98 juta tahun di Provinsi Neuquen di Patagonia barat laut Argentina, dalam endapan sedimen tebal yang dikenal sebagai Formasi Candeleros.

Dari 24 tulang belakang pada ekor dan elemen panggul serta dada, peneliti menduga juga fosil merupakan milik titanosaurus yang masuk dalam kelompok sauropoda.

Baca juga: Hidup Sejak Zaman Dinosaurus, Kenapa Fisik Buaya Tak Banyak Berubah?

Kelompok ini memiliki ciri ukuran tubuh yang besar, leher dan ekor yang panjang serta berjalan dengan empat kaki.

Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Cretaceous Research, para ahli pun mengatakan jika temuan tersebut sebagai salah satu sauropoda terbesar yang pernah ditemukan.

Namun tanpa menganalisis tulang humerus atau femur dinosaurus, para ahli belum dapat mengatakan berapa berat mahluk itu.

"Ini adalah dinosaurus besar, tapi kami berharap dapat menemukan lebih banyak kerangka dalam studi di masa mendatang. Jadi kami akan memiliki kemungkinan untuk membahas dengan yakin seberapa besar ukuran dinosaurus," ungkap Alejandro Otero, paleontolog dari Museo de La Plata.

Meski belum pasti, ahli menyebut jika fosil kemungkinan memiliki massa tubuh melebihi atau sebanding dengan Patagotitan atau Argentinosaurus.

Baca juga: Seperti Burung, Dinosaurus Ternyata Juga Mengerami Telurnya

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.