Mampu Regenerasi Tubuh Tanpa Bekas Luka, Tikus Ini Jadi Harapan Dunia Medis

Kompas.com - 19/01/2021, 20:05 WIB
Tikus berduri mampu meregenerasi jaringan tubuhnya tanpa bekas luka. iflscienceTikus berduri mampu meregenerasi jaringan tubuhnya tanpa bekas luka.

KOMPAS.com - Kemampuan untuk meregenerasi organ dan anggota badan diketahui dimiliki oleh beberapa spesies di kerajaan hewan.

Beberapa yang sudah dikenal antara lain kadal yang mampu menumbuhkan ekornya kembali. Penelitian terbaru juga menyebut kalau aligator pun mampu meregenerasi ekornya yang hilang.

Kini kerajaan hewan menambah lagi daftar spesies yang mempunyai kemampuan regenerasi tersebut.

Baca juga: Bulu Beracun Mematikan, Tikus Jambul Afrika Ini bisa Bunuh Manusia

Seperti dikutip dari IFL Science, Selasa (19/1/2021) kemampuan regenerasi itu dimiliki oleh tikus berduri (genus Acomys).

Tikus berduri menunjukkan penyembuhan jaringan kompleks tanpa bekas luka, termasuk kulit dan otot rangka.

Dalam studinya, peneliti menganalisis berbagai jaringan tikus berduri untuk melihat seberapa baik mereka beregenerasi.

Hasilnya menunjukkan, setidaknya tiga spesies Acomys dapat sepenuhnya meregenarasi dan menumbuhkan kembali jaringan kompleks.

Termasuk di antaranya adalah jaringan telinga yang diangkat, jaringan ginjal yang rusak, dan trauma pada jantung.

Temuan pun memberikan harapan dan wawasan dalam pengobatan, meningkatan waktu pemulihan, dan mengurangi komplikasi yang sering terjadi setelah operasi invasif pada manusia.

Baca juga: Waspada 6 Penyakit Saat Musim Hujan, dari Tipes hingga Kencing Tikus

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X