Paham Caranya Barter, Kera Bali Curi Barang untuk Ditukar Makanan

Kompas.com - 19/01/2021, 19:04 WIB
Ilustrasi kera ekor panjang (Macaca fascicularis). WIKIMEDIA COMMONS/kallernaIlustrasi kera ekor panjang (Macaca fascicularis).


KOMPAS.com- Sebuah penelitian mengungkap kera ekor panjang yang tinggal di sekitar Pura Uluwatu, Bali sengaja mencuri barang berharga milik wisatawan supaya bisa ditukar dengan makanan.

Kera-kera ini diketahui sering mencuri barang dari manusia yang berkunjung seperti tas, topi, kacamata hitam, tablet, dan telepon.

Kera kemudian akan menahannya beberapa saat sebelum akhirnya wisatawan menawarkan makanan sebagai pengganti barang yang mereka ambil.

Namun menariknya, menurut peneliti, para kera ekor panjang tersebut cukup cerdas memahami barang mana yang memiliki nilai tinggi serta memberikan keuntungan terbaik saat ditukar dengan makanan, misalnya saja seperti barang elektronik.

Baca juga: Kera Curi Sampel Darah Pasien Covid-19 dari Laboratorium di India, Kok Bisa?

 

Kera-kera kemudian baru akan melepaskan benda-benda yang dibawanya saat menerima makanan yang mereka anggap memiliki nilai yang sesuai, di antaranya telur mentah, buah, dan kerupuk.

Peneliti menyebut jika perilaku tersebut menunjukkan proses pengambilan keputusan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya di antara kera.

Seperti dikutip dari CNN, Senin (18/1/2021) tim dari Universitas Lethbridge, Kanada dan Universitas Udayana Bali menghabiskan 273 hari di pura Bali dan mencatat lebih dari 2000 interaksi antara monyet, kera ekor panjang dan wisatawan.

Baca juga: Punya Empati, Kera Barbary Liar Adopsi Anak Kera Lain yang Luka Parah

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X