BMKG Pantau Siklon Tropis Joshua, Waspada Gelombang Tinggi

Kompas.com - 18/01/2021, 10:05 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi SHUTTERSTOCK/somavarapu madhaviIlustrasi gelombang tinggi

KOMPAS.com - Masyarakat diminta untuk waspada terhadap potensi gelombang tinggi karena Siklon Tropis Joshua.

Berdasarkan hasil pemantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) melalui monitoring Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta, siklon tropis Joshua ini terpantau di Samudera Hindia sebelah barat daya Bengkulu.

Lokasi tepatnya adalah pada koordinat 18.3 LS - 89.1 BT yaitu sekitar 2160 kilometer sebelah barat daya Bengkulu.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Ini Daftar Wilayah Waspada Banjir dan Gelombang Tinggi

Dinformasikan juga bahwa siklon tropis Joshua tekanan 994 hPa ini akan bergerak ke arah Barat, dengan kecepatan 8 knots yaitu 15 kilometer per jam bergerak menjauhi wilayah Indonesia. 

"Diperkirakan intensitas siklon tropis Joshua persisten dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah Barat," jelas BMKG.

Kendati siklon tropis ini bergerak menjauhi wilayah Indonesia dengan kekuatan 40 knots atau 75 kilometer per jam, tetapi siklon tropis ini memiliki dampak terhadap cuaca di Indonesia.

Dampak pertama adalah gelombang laut dengan ketinggian 1.25 -.25 meter di Samudera Hindia barat Lampung hingga selatan Banten.

Sementara itu, dampak kedua adalah gelombang laut dengan ketinggian 2.5 - 4.0 meter di Samudera Hindia selatan Jawa Barat hingga Jawa Tengah. 

Baca juga: Siklon Tropis 96S Terpantau, Waspada Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X