Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Semeru Meletus, Awan Panas Guguran Terjadi sejak 1 Januari

Kompas.com - 17/01/2021, 18:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Gunung Semeru yang terletak di wilayah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengalami erupsi pada Sabtu (16/1/2021) pukul 17.24 WIB.

Saat kejadian, Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran (APG) sejauh 4,5 kilometer.

Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG), guguran awan panas (APG) sudah terjadi sejak 1 Januari 2021.

Berikut data PVMBG sejak awal Januari hingga hari ini dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (17/1/2021).

Baca juga: Ahli: Erupsi Gunung Semeru Sangat Khas, yakni Tipe Strombolian

Gunung Semeru memiliki tipe strato dengan kubah lava. Puncak tertinggi Gunung Semeru, Mahameru, berada di ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Secara administratif, Gunung Semeru terletak di Kabupaten Malang dan Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Menurut PVMBG, aktivitas Gunung Semeru saat ini terdapat di Kawah Jonggring Seloko, yang terletak di sebelah tenggara puncak Mahameru yang terbentuk sejak 1913.

Seperti diberitakan sebelumnya, erupsi Gunung Semeru sangat khas. Umumnya memiliki tipe vulkanian dan strombolian, berupa penghancuran kubah atau lidah lava, serta pembentukan kubah lava atau lidah lava baru.

"Penghancuran kubah atau lidah lava mengakibatkan pembentukan awan panas guguran yang merupakan karakteristik dari Gunung Semeru," tulis PVMBG dalam rilisnya.

Data pemantauan

1. Visual

Selama periode 1 hingga 15 Januari 2021, visual gunung Semeru beragam, dari terlihat jelas hingga tertutup kabut.

"Erupsi masih berlangsung tidak menerus, tetapi umumnya kolom erupsi tidak teramati karena tertutup kabut," papar PVMBG.

Selain itu, PVMBG juga mengamati adanya asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang tinggi sekitar 200 meter dari puncak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com