BMKG: Waspada Banjir dan Potensi Multi Bahaya Sepekan ke Depan, Ini Wilayahnya

Kompas.com - 15/01/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi hujan lebat disertai angin kencang akibat cuaca ekstrem. SHUTTERSTOCK/CHOKCHAI POOMICHAIYAIlustrasi hujan lebat disertai angin kencang akibat cuaca ekstrem.

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) mengingatkan masyarakat, untuk mewaspadai potensi banjir menjelang puncak musim hujan 2021.

Dalam konferensi pers daring, Jumat (15/1/2021), Dodo Gunawan, Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim mengatakan, bulan Januari hingga Februai 2021 akan menjadi puncak musim hujan hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Lebih lanjut Guswanto M.Si, Deputi Bidang Meteorologi menjelaskan, dilihat dari kondisi lokal, regional maupun global, pada tanggal 16-21 Januari akan terjadi hujan lebat dengan intensitas sedang dan lebat di beberapa wilayah di Indonesia.

Baca juga: BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Puncak Musim Hujan Januari - Februari

“Angin Monsun Asia mengalami penurunan intensitas dalam sepekan terakhir dan diprakirakan akan meningkat kembali dalam sepekan ke depan,” katanya.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan sedang-lebat pada tujuh hari ke depan:

- Aceh
- Sumatera Utara
- Jambi
- Sumatera Selatan
- Banten
- Jawa Barat
- Jawa Tengah
- DI Yogyakarta
- Jawa Timur
- Bali
- Nusa Tenggara Barat
- Nusa Tenggara timur
- Kalimantan Utara
- Kalimantan Timur
- Kalimantan Selatan
- Sulawesi Utara
- Gorontalo
- Sulawesi Tengah
- Sulawesi Barat
- Sulawesi Selatan
- Sulawesi Tenggara
- Maluku Utara
- Maluku
- Papua Barat
- Papua

Disebutkan Guswanto, waktu hujan dengan intensitas lebat lebih cenderung terkonsentrasi pada pagi hari, siang hari, dan sore hari.

Baca juga: BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan Ini, Akibat Gelombang Atmosfer MJO

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X