Makanan yang Dikonsumsi Berpengaruh pada Suasana Hati, Kok Bisa?

Kompas.com - 15/01/2021, 10:05 WIB
Ilustrasi makanan manis dan buah-buahan ShutterstockIlustrasi makanan manis dan buah-buahan

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 mengharuskan kita untuk tinggal di rumah dan menghindari berpergian, kecuali untuk urusan mendesak.

Menghabiskan banyak waktu dan melakukan hampir semua kegiatan di rumah, tentu ada saatnya terasa sangat membosankan.

Banyak orang mengandalkan makanan ketika merasa bosan, untuk memperbaiki mood atau suasana hati.

Dan tampaknya, itu bukan tanpa alasan.

Baca juga: Merawat Otak dan Suasana Hati dengan Tidur Siang

Melansir Health Cleveland Clinic, ahli diet terdaftar Sarah Thomsen Ferreira, MS, MPH, RD, LD, IFNCP, CHWC mengatakan, makanan dan nutrisi tertentu membantu otak Anda membuat bahan kimia yang dapat memengaruhi suasana hati, perhatian, dan fokus Anda, sementara makanan lain dapat menghabiskan energi Anda.

Makanan dan suasana hati

Ferreira menjelaskan, makanan terbaik untuk meningkatkan mood atau suasana hati Anda, adalah makanan yang menggabungkan karbohidrat kompleks dengan protein tanpa lemak dan produk berwarna.

Misalnya, karbohidrat kompleks dari makanan utuh, seperti ubi jalar, gandum gulung, kacang-kacangan, dan quinoa.

Makanan tersebut dapat meningkatkan ketersediaan serotonin kimiawi di otak, yang akan membuat Anda merasa lebih baik.

Sementara itu konsumsi protein dari makanan seperti ikan, daging sapi, ayam, kalkun, tahu, kacang-kacangan, telur, dan yogurt tanpa pemanis telah banyak dikaitkan dengan tingkat dopamin dan norepinefrin yang lebih tinggi, yang mana itu adalah bahan kimia otak yang berperan dalam suasana hati, motivasi, dan konsentrasi Anda.

Buah dan sayuran kaya vitamin, mineral, dan antioksidan yang menyehatkan tubuh Anda, juga terbukti meningkatkan rasa bahagia.

“Diet Mediterania telah mendapatkan perhatian yang signifikan untuk mengurangi gejala depresi, dengan komponen utama asupan sayuran, buah, ikan kaya omega-3, kacang-kacangan, dan minyak zaitun,” kata Ferreira.

Mengonsumsi makanan utuh dan cukup protein, lemak sehat, serta serat juga membantu menjaga gula darah tetap stabil setelah makan, yang mana ini juga dikaitkan dengan peningkatan suasana hati.

Baca juga: Postur Tegak Cepat Menghilangkan Suasana Hati Murung

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X