Hidup Sejak Zaman Dinosaurus, Kenapa Fisik Buaya Tak Banyak Berubah?

Kompas.com - 13/01/2021, 19:34 WIB
Ilustrasi buaya. SHUTTERSTOCK / Janos RautonenIlustrasi buaya.


KOMPAS.com- Buaya merupakan salah satu spesies hewan yang hidup di zaman dinosaurus dan mampu bertahan sampai sekarang.

Menariknya, fisik dinosaurus tak banyak berubah sejak 200 juta tahun yang lalu, hingga saat ini.

Kini, penelitian baru yang dilakukan oleh ilmuwan di University of Bristol mengungkap bagaimana hal tersebut terjadi pada reptil tersebut.

Seperti dikutip dari The Independent, Rabu (13/1/2021) minimnya perubahan pada buaya ini terjadi lantaran buaya mengikuti pola evolusi yang dikenal sebagai punctuated equilibrium atau keseimbangan bersela.

Baca juga: Temuan Baru, Aligator Kerabat Buaya Ternyata Bisa Meregenerasi Ekornya

 

Hal tersebut membuat buaya memiliki tipe tubuh yang cocok untuk bertahan hidup, serta tak banyak punya perubahan pada fisiknya.

"Analisis kami itu menggunakan algoritma pembelajaran mesin untuk memperkirakan tingkat evolusi," kata Max Stockdale, penulis utama studi dari University of Bristol’s School of Geographical Sciences.

Tingkat evolusi adalah jumlah perubahan yang telah terjadi selama jangka waktu tertentu yang dapat dipelajari dengan membandingkan pengukuran fosil dan memperhitungkan berapa usianya.

Selain itu dalam studi, peneliti juga mengukur ukuran tubuh karena berhubungan dengan seberapa cepat hewan tumbuh, berapa banyak makanan yang mereka butuhkan, seberapa besar populasi, serta seberapa besar kemungkinan mereka akan punah.

Baca juga: 5 Sains Aneh Ig Nobel Prize dari Alis Tebal hingga Buaya Diberi Gas Helium

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X