Jokowi Divaksin, Apa Dampaknya untuk Keberhasilan Vaksinasi Covid-19?

Kompas.com - 13/01/2021, 18:00 WIB
Presiden Joko Widodo saat mendapat suntikan pertama vaksin Covid-19 di Istana Kepresidenan pada Rabu (13/1/2021). Penyuntikan ini sekaligus menandai program vaksinasi Covid-19 di Indonesia. ISTANA PRESIDEN/AGUS SUPARTOPresiden Joko Widodo saat mendapat suntikan pertama vaksin Covid-19 di Istana Kepresidenan pada Rabu (13/1/2021). Penyuntikan ini sekaligus menandai program vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

KOMPAS.com - Rabu (13/1/2021) pagi, Presiden Joko Widodo disuntik vaksin Covid-19 Sinovac. Ini menandai program vaksinasi di Indonesia.

Setelah Jokowi, sejumlah pejabat, artis, hingga tokoh masyarakat juga divaksin.

Program vaksinasi ini menyusul izin penggunaan darurat atau emergency use authorization yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Senin (11/1/2021).

Berkaitan dengan Jokowi divaksin ini, apa dampaknya untuk program vaksinasi di Indonesia?

Baca juga: Jokowi Divaksin, Berikut 5 Fakta Vaksin Covid-19 Sinovac

Menjawab pertanyaan ini, Kompas.com menghubungi psikolog sosial Rizqy Amelia Zein.

Perempuan yang akrab disapa Amel ini mengatakan bahwa dengan penyuntikan vaksin Covid-19 pada Jokowi yang pertama, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap vaksin.

Pasalnya, menurut data UNICEF yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dan WHO di Jakarta, penyebab orang Indonesia tidak mau divaksin karena masalah keamanan dan keampuhan.

Selain itu, Amel juga tidak dapat memastikan hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pada kelompok masyarakat yang mana.

Dia menjelaskan, dalam riset-riset terkait perilaku keraguan terhadap vaksin sifatnya gradasi atau ada lapisan-lapisannya.

"Di masyarakat enggak hitam putih, bukan benar-benar iya atau engga dalam penerimaan vaksin. Yang banyak itu (kelompok) ragu-ragu, makanya gradasi," kata Amel dihubungi Rabu (13/1/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X