Berusia 2.000 Tahun, Jalan Era Kekaisaran Romawi Ditemukan di Inggris

Kompas.com - 13/01/2021, 08:00 WIB
Jalan ini adalah bagian dari The Stanegate, jalan Romawi yang membentang dari timur ke barat selatan Tembok Hadrian. Northumbrian Water/BBC IndonesiaJalan ini adalah bagian dari The Stanegate, jalan Romawi yang membentang dari timur ke barat selatan Tembok Hadrian.

KOMPAS.com - Sisa-sisa jalan di era Kekaisaran Romawi yang dibangun sebelum Tembok Hadrian, benteng pertahanan yang diperkirakan sepanjang 117 kilometer dan dibuat bangsa Romawi saat menginvasi Inggris, telah ditemukan di Northumberland, daerah bersejarah di bagian utara Inggris.

Penemuan jalan yang berusia hampir 2.000 tahun itu terjadi saat pengerjaan jaringan air di dekat Settlingstones.

Sisa-sisa itu diperkirakan berasal dari fondasi jalan dan dibangun oleh Agricola atau penerusnya sekitar tahun 80 M, meskipun tidak ada bukti tanggal pasti kapan dibangun.

Baca juga: Ahli Buktikan, Air di Bumi Berasal dari Meteorit, Kok Bisa?

Para arkeolog mengatakan mengingat lokasinya, penemuan itu adalah "bagian penting" dari jejak sejarah perbatasan Romawi awal di bagian utara Inggris.

Sisa-sisa temuan kuno ditemukan oleh Northumbrian Water ketika melakukan perbaikan di lokasi jalan The Stanegate, yang menghubungkan Corbridge dan Carlisle.

Philippa Hunter, dari Archaeological Research Services Ltd, yang bekerja di situs tersebut, mengatakan, "Saat memantau lubang penggalian, arkeolog kami mengidentifikasi deposit dari batu-batuan padat yang diduga sebagai sisa-sisa fondasi jalan Romawi."

Rute ini dibangun dengan menggunakan "batu bulat-bulat" yang dipasang di lapisan yang berukuran sekitar 15 sentimeter, dengan permukaan kerikil yang panjangnya 25 sentimeter diletakkan di atasnya.

"Sayangnya tidak ada bukti penanggalan atau penemuan yang ditemukan untuk mengkonfirmasi tanggal pasti dari sisa-sisa arkeologi," tambah Hunter.

"Namun, mengingat lokasi jalan berbatu di sepanjang rute jalan Romawi yang diproyeksikan dan kedalamannya di bawah permukaan jalan modern, kami yakin sisa-sisa yang diidentifikasi merupakan bagian penting dari perbatasan Romawi utara awal."

Rute kuno dibangun dengan dasar batu bulat yang ditutup dengan kerikil.Northumbrian Water/BBC Indonesia Rute kuno dibangun dengan dasar batu bulat yang ditutup dengan kerikil.

Baca juga: Kedai Makanan Cepat Saji Zaman Romawi Ditemukan di Pompeii



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X