Gejala Covid-19 Jangka Panjang, Masih Dialami Pasien Setelah 6 Bulan

Kompas.com - 12/01/2021, 07:04 WIB
Ilustrasi infeksi virus corona. Gunakan masker saat muncul gejala Covid-19. ShutterstockIlustrasi infeksi virus corona. Gunakan masker saat muncul gejala Covid-19.


KOMPAS.com - Studi mengungkapkan bahwa setelah enam bulan, sekitar 76 persen pasien yang dirawat di rumah sakit masih mengalami gejala Covid-19.

Para ilmuwan menunjukkan perlunya penyelidikan lebih lanjut terhadap efek virus corona yang masih ada.

Dilansir dari Science Alert, Senin (11/1/2021), penelitian itu diterbitkan di jurnal medis Lancet yang melibatkan ratusan pasien di Kota Wuhan, China.

Para ilmuwan melacak gejala jangka panjang akibat infeksi Covid-19 pada pasien-pasien tersebut.

"Karena Covid-19 adalah penyakit baru, kami baru mulai memahami beberapa efek jangka panjang (Covid-19) pada kesehatan pasien," kata penulis senior Bin Cao, dari National Center for Respiratory Medicine.

Baca juga: Apakah Mendadak Pusing Termasuk Gejala Covid-19?

 

Bin Cao mengatakan, penelitian tersebut menyoroti perlunya perawatan berkelanjutan bagi pasien setelah mereka keluar dari rumah sakit, terutama mereka yang mengalami infeksi parah.

"Pekerjaan kami juga menggarisbawahi pentingnya melakukan studi lanjutan yang lebih lama pada populasi yang lebih besar untuk memahami spektrum penuh dari efek Covid-19 pada manusia," jelas dia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa virus corona telah menimbulkan risiko bagi beberapa orang dari efek berkelanjutan yang serius.

Baca juga: Mengenal Parosmia, Gejala Long Covid Pasien Cium Bau Tidak Sedap

 

Bahkan, di antara orang muda, orang sehat yang tidak dirawat di rumah sakit.

Studi ini melibatkan 1.733 pasien Covid-19 yang dipulangkan dari Rumah Sakit Jinyintan di Wuhan antara Januari dan Mei tahun lalu.

Pasien dengan rata-rata usia 57 tahun, yang dikunjungi antara Juni dan September, menjawab pertanyaan tentang gejala dan kualitas hidup yang berhubungan dengan kesehatan.

Peneliti juga melakukan pemeriksaan fisik dan tes laboratorium terhadap pasien tersebut.

Baca juga: Merasa Ada Gejala Covid-19 saat Berlibur, Apa yang Harus Dilakukan?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X