Kompas.com - 09/01/2021, 19:02 WIB
Ilustrasi hiu karang yang memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem terumbu karang. Survei baru-baru ini ungkap hiu karang punah secara fungsional di sejumlah lautan di Bumi. SHUTTERSTOCK/frantisekhojdyszIlustrasi hiu karang yang memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem terumbu karang. Survei baru-baru ini ungkap hiu karang punah secara fungsional di sejumlah lautan di Bumi.


KOMPAS.com- Penelitian baru kembali mempertegas bukti lain dari alasan untuk tidak makan hiu. Hal ini terkait masih maraknya perburuan hiu untuk dikonsumsi.

Studi menemukan bahwa kadar logam berat yang ditemukan pada hiu di perairan Bahama sangat tinggi.

Lantas, bagaimana bisa hal itu terjadi?

Para peneliti, seperti dikutip dari The Independent, Sabtu (9/1/2021), mengatakan bahwa aktivitas manusia selama abad terakhir, telah mempercepat logam berat mencemari lingkungan laut.

Akibatnya, tingkat pencemaran logam berat yang ditemukan dalam sebuah studi, semakin tinggi.

Baca juga: 4 Kali Lebih Panjang dari Hiu Putih, Ahli Ungkap Ukuran Hiu Megalodon

 

Sedikitnya ada lusinan jenis logam, termasuk merkuri yang ditemukan pada hiu karang dan hiu macan di seluruh perairan Bahama.

Padahal, perairan Bahama adalah salah satu kawasan lindung laut dan habitat bagi beragam jenis hiu.

Para peneliti dari Beneath the Waves (BTW), sebuah lembaga penelitian nirlaba, telah mengamati jaringan otot pada 36 hiu dari enam spesies berbeda.

Dalam studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Scientific Report itu, mereka mengatakan bahwa temuan sejumlah logam berat pada hiu belum diketahu seperti apa dampaknya bagi kesehatan hiu.

Baca juga: Pembuatan Vaksin Corona Ancam Kehidupan Hiu, Kok Bisa?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.