Kompas.com - 03/01/2021, 20:05 WIB
Ilustrasi asam lambung Emily FrostIlustrasi asam lambung


KOMPAS.com - Asam refluks atau asam lambung naik terjadi ketika asam dari lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala sakit maag.

Pada sebagian orang, asam lambung naik dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup, tapi pada beberapa orang lainnya, konsumsi obat dibutuhkan untuk mengatasi asam lambung naik.

Menurut American College of Gastroenterology (ACG), penderita asam lambung menggambarkan perasaan tidak nyaman yang terbakar di dada, di belakang tulang dada.

Ketidaknyamanan ini bisa naik ke leher dan tenggorokan. Beberapa orang mungkin juga mengalami rasa pahit atau asam di mulut mereka.

Baca juga: 4 Alasan Penyakit Asam Lambung Semakin Parah Ketika Kita Bertambah Tua

Gejala asam refluks bisa berlangsung selama beberapa jam. Bagi sebagian orang, gejala memburuk setelah makan, sedangkan yang lain mungkin mengalami gejala sebelum makan.

Asam refluks atau asam lambung naik yang muncul sesekali adalah hal yang normal, tetapi jika gejala ini terjadi lebih dari dua kali per minggu, maka kemungkinan ini disebabkan oleh kondisi yang lebih parah, yang dikenal sebagai penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

Asam refluks terjai ketika lapisan esofagus bertemu dengan asam lambung. Jika tak diatasi, kerongkongan bisa terluka dan menyebabkan gejala mulas.

Dalam kondisi normal, sfingter esofagus bagian bawah antara lambung dan esofagus mencegah asam lambung naik ke esofagus.

Jika sfingter terlalu sering rileks, asam lambung bisa naik ke kerongkongan yang menyebabkan asam refluks.

Cara mengatasi asam lambung naik

Ketika serangan asam lambung datang, Anda bisa memanfaatkan jahe untuk meredakan gejala. Jahe dilaporkan dapat membantu meredakan berbagai kondisi pencernaan, seperti mual, diare, dan kehilangan nafsu makan.

Tinjauan sistematis dalam Nutrition Journal juga menunjukkan, bahwa jahe dapat membantu meredakan mual dan muntah yang terkait dengan kehamilan.

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui manfaat jahe, jenis jahe apa yang paling bermanfaat, dan dosis yang terbaik untuk meredakan asam refluks.

Sedangkan untuk obat-obatan medis, Anda bisa mengonsumsi antasida yang bisa dibeli bebas di apotek. Antasida menetralkan asam lambung, sehingga meredakan asam lambung naik.

Obat antasida ini mengandung garam kasium, magnesium, dan aluminium. Biasanya, antasida dikonsumsi setelah makan.

Baca juga: Daftar Makanan Terbaik untuk Asam Lambung dan yang Harus Dihindari

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X