Kompas.com - 23/12/2020, 20:02 WIB
Ilustrasi mikroplastik ditemukan dalam plasenta wanita hamil. Ilmuwan menyebut wanita hamil sedang mengandung bayi cyborg, karena adanya campuran entitas biologis dan entitas anorganik. SHUTTERSTOCK/zffotoIlustrasi mikroplastik ditemukan dalam plasenta wanita hamil. Ilmuwan menyebut wanita hamil sedang mengandung bayi cyborg, karena adanya campuran entitas biologis dan entitas anorganik.

KOMPAS.com- Mikroplastik tak hanya menjadi masalah pencemaran lingkungan bagi Bumi. Untuk pertama kalinya, peneliti menemukan mikroplastik pada plasenta ibu hamil.

Penemuan mikroplastik di dalam plasenta ibu hamil digambarkan oleh para ilmuwan sebagai masalah yang sangat memprihatinkan.

"Ini seperti memiliki bayi cyborg, tidak lagi hanya terdiri dari sel manusia," kata ahli seperti dikutip dari The Independent, Rabu (23/12/2020).

Mikroplastik adalah bagian kecil dari plastik yang biasanya mencemari lingkungan. Namun, bagian terkecil dari plastik ini justru ditemukan di dalam tubuh manusia.

Dalam sebuah penelitian baru, para ilmuwan ini mengidentifikasi berbagai zat sintetis dari sampel jaringan yang relatif kecil.