Kompas.com - 23/12/2020, 20:02 WIB
Ilustrasi mikroplastik ditemukan dalam plasenta wanita hamil. Ilmuwan menyebut wanita hamil sedang mengandung bayi cyborg, karena adanya campuran entitas biologis dan entitas anorganik. SHUTTERSTOCK/zffotoIlustrasi mikroplastik ditemukan dalam plasenta wanita hamil. Ilmuwan menyebut wanita hamil sedang mengandung bayi cyborg, karena adanya campuran entitas biologis dan entitas anorganik.


KOMPAS.com- Mikroplastik tak hanya menjadi masalah pencemaran lingkungan bagi Bumi. Untuk pertama kalinya, peneliti menemukan mikroplastik pada plasenta ibu hamil.

Penemuan mikroplastik di dalam plasenta ibu hamil digambarkan oleh para ilmuwan sebagai masalah yang sangat memprihatinkan.

"Ini seperti memiliki bayi cyborg, tidak lagi hanya terdiri dari sel manusia," kata ahli seperti dikutip dari The Independent, Rabu (23/12/2020).

Mikroplastik adalah bagian kecil dari plastik yang biasanya mencemari lingkungan. Namun, bagian terkecil dari plastik ini justru ditemukan di dalam tubuh manusia.

Dalam sebuah penelitian baru, para ilmuwan ini mengidentifikasi berbagai zat sintetis dari sampel jaringan yang relatif kecil.

Baca juga: Peneliti Sebut Bayi Berpotensi Konsumsi Jutaan Mikroplastik dari Botol Susu

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Sejumlah wanita hamil dalam studi yang dilakukan di Italia ini tidak mengalami komplikasi dengan kelahiran anak-anak mereka. Diketahui tidak ada efek dari partikel plastik yang tidak diketahui tersebut.

Bahaya mikroplastik bagi lingkungan sudah sejak lama diketahui. Dalam kasus ini, para ahli juga mengindikasikan bahwa plastik berbahan kimia dapat berbahaya dan dapat merusak kekebalan tubuh janin yang sedang berkembang.

Bayi cyborg

Para peneliti di bidang pediatri dari Rumah Sakit Fatebenefratelli Roma di Roma dan Politecnica delle Marche University di Italia mengatakan dengan adanya mikroplastik dalam tubuh, sistem kekebalan yang mengenali diri sendiri terganggu, bahkan yang tidak organik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X