Kompas.com - 21/12/2020, 11:02 WIB

KOMPAS.com - Laporan dari Inggris dan Afrika Selatan tentang varian atau jenis virus corona baru tampaknya sudah menyebar luas dan menimbulkan pertanyaan.

Namun, para ahli virus mengatakan, sejauh ini tidak jelas apakah varian baru Covid-19 ini dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah atau tidak.

Virus secara alami berevolusi. Ini salah satu alasan kenapa kita butuh melakukan vaksinasi flu setiap tahun.

Varian baru atau strain baru dari virus SARS-CoV-2 terus muncul sejak pertama kali terdeteksi di China hampir setahun lalu.

Baca juga: Muncul Varian Baru Virus Corona, Inggris Terapkan Lockdown Ketat

Pada hari Sabtu (19/12/2020), Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan pembatasan baru karena munculnya varian baru ini.

Beberapa negara Uni Eropa dan Kanada melarang atau membatasi beberapa penerbangan dari Inggris untuk mencegah penyebaran virus.

Melansir AP News, Senin (21/12/2020), setidaknya ada 4 pertanyaan yang sering muncul terkait varian baru Covid-19 dari Inggris.

1. Bagaimana karakteristik strain baru yang ditemukan di Inggris?

Pakar kesehatan di Inggris dan AS mengatakan jenis itu tampaknya lebih mudah menginfeksi daripada yang lain, tetapi belum ada bukti yang menunjukkan bahwa varian ini lebih mematikan.

Patrick Vallance, kepala penasihat ilmiah pemerintah Inggris, mengatakan bahwa virus tersebut bergerak cepat dan menjadi varian yang dominan.

"(Varian ini) menyebabkan lebih dari 60 persen infeksi Covid-19 di London selama Desember," kata Vallance dilansir AP News.

Strain ini juga mengkhawatirkan karena memiliki begitu banyak mutasi, sekitar hampir 20-an mutasi.

Beberapa di antaranya muncul mutasi pada spike protein yang digunakan virus untuk menempel dan menginfeksi sel. Spike protein yang berbentuk paku pada permukaan virus adalah target vaksin saat ini.

"Saya khawatir tentang ini, pasti. Tetapi terlalu dini untuk mengetahui betapa pentingnya hal ini pada akhirnya akan terbukti," kata Dr. Ravi Gupta, yang mempelajari virus di Universitas Cambridge di Inggris.

Halaman:
Sumber CNN,BBC,AP News


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.