Kompas.com - 20/12/2020, 20:05 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda sering buang air kecil atau berkemih yang biasa disebut beser pada malam hari selama periode tidur, bisa jadi Anda mengidap nokturia.

Ketua Indonesia Society of Female and Functional Urology (INA-SFFU), dr Harrina Erlianti Rahardjo SpU(K) PhD menjelaskan, nokturia juga didefinisikan sebagai berapa kali seseorang berkemih dalam periode tidur utamanya.

Saat seseorang terbangun dari tidurnya untuk berkemih pertama kali, tiap proses berkemih selanjutnya yang diikuti tidur atau keinginan untuk tidur, itulah nokturia.

Baca juga: Sering Beser di Malam Hari Bisa jadi Gejala Nokturia, Apa itu?

Sederhananya, nokturia adalah kondisi gangguan mengontrol pengeluaran urine selama tidur pada orang dewasa, yang menyebabkan orang tersebut sering terbangun saat tidur untuk buang air kecil pada malam hari.

"Seringkali mispersepsi tentang nokturia itu adalah suatu hal yang wajar seiring dengan proses penuaan," kata Harrina pada Virtual Press Conference dalam rangka Pertemuan Ilmiah Tahunan Asosiasi Urologi Indonesia, Jumat (18/12/2020).

Padahal, gangguan nokturia atau awam menyebutnya beser di malam hari dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Pada studi atau survei LUTS 2020, prevalensi dan faktor risiko nokturia di Indonesia yang melibatkan 1555 subjek dari 7 kota di Indonesia menunjukkan, prevalensi nokturia sebesar 61,4 persen.

Di mana dari total prevalensi nokturia tersebut 61,4 persen dilaporkan pada laki-laki dan 38,6 persen pada perempuan.

Sementara, usia rata-rata pada penelitian tersebut adalah 57 tahun dengan rentang usia 18-92 tahun, dan kasus nokturia didapatkan terbanyak pada kelompok umur 55-65 tahun.

Baca juga: Buang Air Kecil Semakin Sering Saat Udara Dingin, Ini Penjelasannya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.