Meninggal karena Malanutrisi, Benarkah Diet Keto Berbahaya bagi Tubuh?

Kompas.com - 17/12/2020, 12:37 WIB
Ilustrasi diet keto dan puasa shutterstockIlustrasi diet keto dan puasa


KOMPAS.com - Seorang pengguna Facebook mempublikasikan artikel tentang malanutrisi yang menyebabkan anak perempuan temannya meninggal setelah menjalani diet keto.

Akun Gembong Nurrasa menulis, malanutrisi yang dialami anak perempuan tersebut terjadi selama 6 bulan.

Selain itu, ternyata diet keto yang dijalani perempuan muda dalam posting tersebut sudah dilakukan hampir dua tahun.

Namun, setelah menjalani diet tersebut, tubuhnya mengalami gejala malanutrisi hingga hemoglobin (Hb) turun sampai 4 dan harus menjalani transfusi darah.

Gejala lain yang dialami antara lain berat badan turun, Gerd, detak jantung tidak stabil, bahkan paru-paru dilaporkan tergenang.

Baca juga: Manakah yang Paling Sehat: Diet Keto, Mediterania, atau Vegan?

 

Menanggapi hal itu, ahli gizi komunitas Dr Tan Shot Yen mengatakan bahwa efek samping diet keto, semestinya tidak sampai separah itu.

"Mungkin, orang tersebut memiliki masalah (kesehatan) lain. Apalagi Hb sampai 4, ada cairan di paru. Saya malah curiga keganasan," kata dr Tan saat dihubungi Kompas.com, Kamis (17/12/2020).

Lantas, apa itu diet keto?

Menurut WebMD, ketogenic atau diet keto adalah diet rendah karbohidrat yang tujuannya, tubuh mendapatkan lebih banyak kalori dari protein dan lemak, tetapi dengan lebih sedikit karbohidrat.

Baca juga: Diet Rendah Karbohidrat, DEBM hingga Keto, Amankah untuk Turunkan Berat Badan?

 

Diet ini cenderung menyarankan untuk mengurangi karbohidrat yang mudah dicerna, seperti gula, soda, kue kering, dan roti putih.

Dr Tan menegaskan bahwa pada prinsipnya, manusia membutuhkan tiga unsur makronutrien, di antaranya karbohidrat, protein, dan lemak.

"Ketiga unsur makronutrien ini, seimbang dan dari sumber yang sehat. Ketiga makronutrien itu tidak bisa saling menggantikan," imbuh dr Tan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X