Kompas.com - 10/12/2020, 16:05 WIB
Ilustrasi asma catinsyrupIlustrasi asma

KOMPAS.com - Ketika Anda menderita asma, saluran udara yang membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru menyempit, sehingga membatasi aliran udara.

Umumnya akan muncul gejala seperti sesak napas dan mengi. Kebanyakan penderita asma dapat mengontrolnya dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup.

Tetapi pada orang-orang dengan asma yang parah, gejala akan tetap muncul meski mereka telah minum obat sesuai resep.

Baca juga: Pakai Inhaler dan Stereoid untuk Redakan Asma Berisiko Tulang Rapuh

Menurut dr. Praveen Akuthota, spesialis paru UC San Diego Health, sangat penting mengenali tanda-tanda asma yang semakin parah.

“Jika Anda mengalami salah satu hal berikut ini, sebaiknya segera hubungi dokter spesialis paru untuk mendapat perawatan selanjutnya,” ujar Akuthota.

1. Berakhir di rumah sakit saat asma kambuh

Sebelum mereka menemukan perawatan yang tepat, penderita asma parah cenderung lebih sering kambuh, sehingga harus seringkali menemui dokter atau pergi ke rumah sakit.

“Jika seorang pasien memberi tahu saya bahwa mereka pernah ke ruang gawat darurat atau dirawat di rumah sakit karena asma kambuh, itu menandakan asma yang parah,” katanya.

Akuthota menambahkan, jika pasien pernah dirawat di unit perawatan intensif (ICU) rumah sakit dan membutuhkan mesin pernapasan untuk membantu mereka bernapas, itu jelas tanda asma semakin parah.

2. Asma sering kambuh di malam hari

Asma kambuh di malam hari juga menjadi salah satu tanda yang digunakan para ahli paru untuk menentukan seberapa baik asma ditangani.

Pasalnya, mengalami sesak napas dan mengi di malam hari merupakan gejala umum asma yang tidak terkontrol dengan baik.

“Jika Anda sering terbangun di tengah malam untuk menggunakan inhaler, itu bisa berarti tanda asma semakin parah,” kata Akuthota.

Baca juga: Badai Petir Bisa Memicu Serangan Asma yang Parah, Ini Penjelasannya

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X