Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2020, 10:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengobatan merupakan salah satu pencapaian terbesar umat manusia. Mulai dari menemukan tanaman yang dapat menghilangkan rasa sakit hingga mengembangkan vaksin dalam waktu kurang dari 12 bulan.

Namun, kita bukanlah satu-satunya spesies yang mengetahui sumber-sumber alam yang dapat membantu untuk mengobati penyakit.

Seperti dikutip dari Science Alert, Selasa (8/12/2020) peneliti baru saja menemukan, bahwa Burung Pipit Russet (Passer cinnamomeus) di China memiliki kemampuan untuk menggunakan tanaman sebagai obat.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Bagaimana Burung Hantu Memutar Kepala 270 Derajat?

Burung Pipit Russet diketahui menggunakan daun apsintus (Artemisia verlotorum) di sarang mereka untuk mengurangi parasit dan membantu anak-anak mereka tumbuh menjadi lebih besar.

Temuan ini menjadi hal yang menakjubkan, karena seekor burung pipit kecil bisa mengetahui jika ada beberapa tanaman tertentu yang membuat mereka terlindung dari penyakit.

"Di China, Burung Pipit Russet memasukkan daun apsintus ke dalam sarang mereka, sama seperti penduduk setempat menggantung tanaman itu di pintu sebagai kebiasaan tradisional selama Festival Perahu Naga," tulis para peneliti dalam makalah mereka.

Untuk membuktikan perilaku studi yang dipimpin oleh ahli ekologi Canchao Yang dari Hainan Normal University, peneliti pun melakukan serangkaian pengamatan.

Tim menyiapkan 48 pasang kotak sarang, satu pasang berisi dengan 5 gram kayu apsintus, dan satunya lagi dengan 5 gram bambu.

Peneliti kemudian mengamati seberapa banyak apsintus yang dibawa burung ke sarang.

"Menggunakan serangkaian eksperimen perilaku, kami menemukan bahwa burung secara aktif mencari lokasi sarang yang dekat dengan apsintus yang tersedia dan menempatkan kembali sarang yang sudah ada dengan daun apsintus segar yang dikumpulkan," kata ahli ekologi William Feeney, dari Griffith University di Australia.

Baca juga: Bisakah Burung Tropis Menghadapi Panas karena Perubahan Iklim?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com