Musim Hujan, Ketahui 4 Faktor Pemicu Banjir dan Mitigasinya

Kompas.com - 04/12/2020, 17:06 WIB
Banjir merupakan salah satu dampak dari cuaca ekstrem Banjir merupakan salah satu dampak dari cuaca ekstrem

KOMPAS.com - Di musim hujan ini, banyak wilayah berpeluang terdampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, angin puting beliung hingga cuaca ekstrem dan gelombang tinggi.

Bencana hidrometeorologi adalah bencana yang dampaknya dipicu oleh kondisi cuaca dan iklim dengan berbagai parameternya, dan kebanyakan adalah faktor meteorologi.

Beberapa di antaranya adalah peningkatan curah hujan, penurunan curah hujan, suhu ekstrem, cuaca esktrem seperti hujan lebat yang disertai angin kencang serta kilat atau petir, dan lain sebagainya.

Namun, Peneliti Pusat Penelitian Limnologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), M Fakhrudin berkata bahwa faktor meteorologi bukan satu-satunya faktor pemicu terjadinya bencana hidrometeorologi.

Baca juga: Waspada Bencana Hidrometeorologi, BMKG Beri 3 Saran Mitigasi

"Masih dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain, khususnya yang diakibatkan oleh manusia atau antropogenik," kata Fakhrudin kepada Kompas.com, Jumat (4/12/2020).

Fakhrudin juga menyebutkan bahwa dalam musim hujan saat ini, memang bencana hidrometeorologi yang sering kali terjadi adalah banjir dan tanah longsor.

"Bencana banjir dan longsor terkait dengan curah hujan yang tinggi, tetapi belum tentu kalau hujan tinggi terus terjadi banjir dan longsor," ujarnya.

Berikut adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya banjir:

1. Curah hujan

Curah hujan sangat berpengaruh terhadap potensi bencana banjir di suatu wilayah. Apalagi jika hujan terjadi dengan intensitas tingga atau deras dan durasinya lama.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X