Kompas.com - 03/12/2020, 12:03 WIB
ilustrasi anak tidur shutterstock/Anatoliy Karlyukilustrasi anak tidur


KOMPAS.com - Tidur siang sama pentingnya dengan tidur malam bagi anak-anak. Bahkan, tidur siang menjadi kunci untuk memastikan anak-anak mendapatkan waktu istirahat yang dibutuhkan setiap hari.

Sebagian orangtua mungkin menganggap sepele tidur siang, padahal tidur siang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak, kesehatan fisik, meningkatkan kemampuan belajar, hingga menjaga suasana hati anak.

Menurut dr. Yovita Ananta, Sp.A, MHSM, IBCLC, Dokter Spesialis Anak Konsultan Laktasi RS Pondok Indah, tidur siang dibutuhkan anak untuk mengistirahatkan fisik dan otak anak.

“Setelah anak tidur siang yang cukup, biasanya anak menjadi lebih segar dan memiliki energi, juga memiliki mood yang lebih baik dibandingkan anak yang tidak tidur siang,” ujar dr. Yovita kepada Kompas.com.

Baca juga: Gen untuk Tidur Siang Memang Ada, Para Peneliti Membuktikannya

Dalam proses tumbuh dan berkembang, tidur siang memberikan waktu bagi tubuh dan pikiran anak untuk beristirahat dan memulihkan tenaga selama perubahan besar itu.

Selain itu, jika anak-anak dalam kondisi kelelahan, akan lebih sulit bagi mereka untuk tidur dengan mudah di malam hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir WebMD ada tiga manfaat lain dari tidur siang:

1. Tidur siang membantu anak-anak belajar

Satu studi tentang anak-anak prasekolah menemukan, tidur siang membantu mereka bermain lebih baik dalam permainan memori. Yang mendapat manfaat terbesar dari tidur siang adalah mereka yang membiasakan tidur siang setiap hari.

“Beberapa penelitian juga menyebutkan kepintaran dan kecerdikan anak dapat bertambah apabila ia rutin tidur siang,” kata dr. Yovita.

2. Tidur siang membantu anak-anak tetap fit

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang kurang tidur - atau yang tidur tidak teratur - cenderung memiliki tingkat obesitas yang lebih tinggi.

Sebagian alasannya mungkin terkait dengan cara mereka makan saat lelah.

Beberapa penelitian menemukan bahwa anak-anak cenderung makan lebih banyak ketika mereka tidak cukup tidur. Mereka juga cenderung memilih makanan yang tidak sehat.

Selain itu, ketika anak-anak lelah, mereka tidak akan memiliki banyak energi untuk aktif dan berolahraga yang cukup, yang mana ini penting untuk memiliki berat badan yang sehat.

Baca juga: 8 Manfaat Tidur Siang, Meningkatkan Memori dan Baik untuk Jantung

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X