Kompas.com - 01/12/2020, 09:02 WIB

KOMPAS.com - Celine Ng-Chan, ibu asal Singapura melahirkan bayi laki-laki pada awal November 2020. Menariknya, meski Ng-Chan positif Covid-19 selama kehamilan, bayinya justru disebut memiliki antibodi Covid-19.

Setelah lahir, bayi yang diberi nama Aldrin ini dinyatakan sehat. Tidak ada virus corona SARS-CoV-2 terdeteksi dalam tubuhnya, justru Aldrin lahir dengan membawa antibodi virus corona.

"Dokter menduga saya telah mentransfer antibodi Covid-19 kepadanya (bayi) selama kehamilan," kata Ng-Chan kepada Straits Times.

Fenomena seperti ini merupakan sesuatu yang langka. Namun, apakah antibodi Covid-19 bisa ditransmisikan secara vertikal?

Baca juga: Ibu Positif Corona di Singapura Lahirkan Bayi dengan Antibodi Covid-19, Kok Bisa?

Menjawab pertanyaan tersebut, Kompas.com menghubungi konsultan neonatologi atau pakar perawatan medis bayi baru lahir, dr. Alifah Anggraini, MSc, SpAK.

Alifah mengatakan, sejauh ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum mengumumkan bahwa bahwa infeksi Covid-19 bisa ditularkan atau ditransmisikan secara vertikal.

"Pada berita tersebut, saya coba mencari berita asli tapi tidak jelas antibodi yang dimaksud adalah antibodi yang jenis apa," kata Alifah, Senin (30/11/2020).

Pakar Neonatologi dari divisi Perinatologi, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran-Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM)/Instalasi Maternal Perinatal RSUP dr. Sardjito, Yogyakarta, itu menjelaskan bahwa secara umum ada dua jenis antibodi yang berperan dalam infeksi Covid-19.

Pertama, antibodi imunoglobulin M (IgM). IgM merupakan antibodi yang dia muncul pada awal terinfeksi. Jenis antibodi IgM tidak dapat ditransfer oleh si ibu melalui plasenta.

Sementara jenis antibodi yang kedua disebut imunoglobulin G (IgG). Antibodi IgG ini memang bisa ditransfer oleh ibu melalui plasenta.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.