Kompas.com - 01/12/2020, 07:03 WIB

KOMPAS.com - Studi baru yang dilakukan peneliti Universitas Barcelona menemukan bahwa beberapa orang yang positif Covid-19 mengalami berbagai gejala di hidung, sebelum gejala yang lebih umum terlihat.

Secara khusus, penelitian tersebut menemukan bahwa gejala seperti hidung kering kerap muncul sebelum orang yang terpapar virus corona SARS-CoV-2 mengalami gejala anosmia, yakni kehilangan kemampuan penciuman dan perasa.

Dalam beberapa kasus, gejala hidung kering terjadi bersamaan dengan anosmia.

Baca juga: Gejala Covid-19 Paling Umum Bukan Batuk Kering, tapi Anosmia

Dilansir BGR, Senin (30/11/2020), secara keseluruhan, daftar gejala Covid-19 terus bertambah banyak seiring dengan data yang dikumpulkan petugas medis dan peneliti selama pandemi berlangsung.

Dalam pemberitaan sebelumnya, peneliti menemukan bahwa gejala Covid-19 yang paling umum adalah anosmia, bukan batuk kering.

Selanjutnya ada gejala seperti flu yang ditandai dengan demam, meriang, batuk kering, dan kelelahan.

Kemudian gejala lain yang juga muncul bisa berupa hidung tersumbat, tenggorokan kering, sakit persendian dan otot, radang selaput mata dan selaput lendir, sulit bernapas, hingga diare.

Bersamaan dengan itu, sebuah penelitian terbaru dari Northwestern Medicine menemukan bahwa 82 persem pasien virus corona yang memiliki gejala cukup parah sehingga membutuhkan perawatan di rumah sakit juga mengalami berbagai gejala neurologis di beberapa titik selama mereka sakit.

Daftar gejala neurologis yang umum termasuk kehilangan ingatan, kebingungan, dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi pada tugas untuk jangka waktu yang lama.

Hal paling menakutkan adalah banyak pasien Covid-19 mengalami gangguan neurologis berkepanjangan, hingga hitungan berbulan-bulan setelah keluar dari rumah sakit.

Halaman:
Sumber BGR


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.