Studi Baru: Mutasi Tak Membuat Virus Corona Menyebar Lebih Cepat

Kompas.com - 26/11/2020, 07:00 WIB
Ilustrasi virus corona penyebab Covid-19 SHUTTERSTOCK/creativenekoIlustrasi virus corona penyebab Covid-19

KOMPAS.com - Virus corona SARS-CoV-2, penyebab pandemi Covid-19, telah bermutasi dan menyebar ke seluruh dunia.

Menurut para ilmuwan pada Rabu (25/11/2020), sejauh ini tidak ada mutasi yang dapat membuat virus corona SARS-CoV-2 menyebar lebih cepat.

Studi tersebut menganalisis kumpulan data global genom virus dari 46.723 orang yang terinfeksi Covid-19 dari 99 negara.

Dari jumlah tersebut, para peneliti mengidentifikasi ada lebih dari 12.700 mutasi atau perubahan virus corona SARS-CoV-2.

Baca juga: Studi Baru Tunjukkan Kapan Virus Corona Covid-19 Paling Menular

"Untungnya, penelitian kami menemukan bahwa tidak ada satu pun dari mutasi tersebut yang membuat Covid-19 menyebar lebih cepat," kata Lucy van Dorp, profesor di University College London's Genetics Institute yang menjadi salah satu peneliti utama studi tersebut.

"Tapi kita harus tetap waspada dan harus terus memantau perkembangan mutasi virus yang baru, terutama saat vaksin dilunsurkan," imbuhnya seperti dilansir Reuters, Rabu (25/11/2020).

Virus diketahui dapat bermutasi setiap saat, dan beberapa virus flu lebih sering berubah dibanding yang lain.

Apakah berdampak pada vaksin?

Sebagian besar mutasi virus bersifat netral. Namun ada juga yang berubah sifatnya menjadi menguntungkan atau merugikan virus, dan beberapa dapat membuat vaksin menjadi kurang efektif.

Ketika virus bermutasi seperti ini, vaksin untuk melawannya harus disesuaikan secara teratur untuk memastikan tetap efektif dan aman.

Vaksin pertama yang menunjukkan kemanjuran melawan Covid-19 mungkin akan mendapat persetujuan dan bisa mulai digunakan secara luas pada akhir tahun 2020.

Sumber Reuters