Keanekaragaman Indonesia Peringkat Pertama Pusat Biodiversitas Dunia

Kompas.com - 24/11/2020, 10:05 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Peneliti menyebutkan status dan tren keanekeragaman hayati Indonesia, menempati peringkat pertama sebagai salah satu pusat agro biodiversitas dunia.

Peringkat pertama ini, jika keanekaragaman hayati digabungkan antara biodiversitas di laut dan juga di terrestrial darat.

Peneliti Zoologi pada Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof Rosichon Ubaidillah mengatakan, Indonesia sebagai salah satu pusat agro biodiversitas dunia dengan 10 persen spesies tumbuhan dunia.

Baca juga: Rusaknya Biodiversitas karena Ulah Manusia Picu Munculnya Covid-19

Rosichon menjelaskan, flora dan fauna di tujuh pulau utama Indonesia yaitu terutama Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Lesser Sunda, Mollucas, dan Papua sangat mendominasi.

"Jawa masih menjadi pulau tertinggi diversitas floranya. Hal ini karena eksplorasi banyak dilakukan di pulau Jawa," kata Rosichon dalam International Webinar on Indonesian Biodiversity "Mainstreaming biodiversity conservation, bioprospection, and bioeconomy for sustainable livelihood seperti dikutip dari laman resmi LIPI, Rabu (16/9/2020).

Tren dan status biodiversitas Indonesia

1. Keanekaragam Flora

Berdasarkan data Retnowati er.al tahun 2019 keanekaragaman jenis fungi yaitu bryophytes dan eudicots terbanyak di Pulau Jawa, berturut-turut sekitar 1728, 2088, dan 6456 jenis.

Sementara, untuk di wilayah Sumatera, flora yang paling banyak ditemukan adalah dari grup taxa pteridophyta sebanyak 724 jenis dan gymnosperms sebanyak 66 jenis.

Sedangkan, di Pulau Kalimantan paling banyak ditemukan grup taxa basal angiosperms sebanyak 656 jenis dan monocots sebanyak 3123 jenis.

2. Keanekaragaman Fauna

Untuk keanekaragaman fauna, tercatat sekitar 12 persen mamalia dunia atau 773 spesies mamalia ada di Indonesia.

Spesies terbanyak terdapat di Kalimantan dan jenis spesies endemik tertinggi terdapat di Papua dan Sulawesi.

Di wilayah Papua, ternyata keanekaragaman fauna terbanyak adalah jenis burung dan amphibi yaitu sekitar 671 jenis burung dan 151 jenis amphibi.

Di Pulau Kalimantan, keanekaragaman fauna terbanyak adalah jenis reptil 227 jenis, ikan 738 jenis dan mollusca 558 jenis.

Sedangkan, jenis crustacea terbanyak terdapat di Sulawesi sebanyak 98 jenis dan jenis kupu-kupu terbanyak terdapat di Sumatera.