Kompas.com - 20/11/2020, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Fosil-fosil dinosaurus merupakan bukti sejarah kehidupan di muka Bumi yang berharga bagi ilmu pengetahuan.

Inilah yang menjadikan temuan-temuan fosil mahluk purba merupakan sesuatu hal yang menarik dan penting untuk dipelajari.

Seperti yang terjadi saat peneliti menemukan fosil di batuan tebal di Hell Creek Formation, Montana.

Tak cuma terkejut karena berhasil mengungkap keberadaan Triceratops, fosil ternyata ditemukan bersama-sama dengan fosil Tyrannosaurus rex remaja.

Baca juga: Temuan Fosil Ungkap Perjalanan Dinosaurus Seberangi Lautan

Seperti dikutip dari Bgr, Kamis (19/11/2020) temuan itu pun menjadi temuan yang luar biasa mengingat kedua dinosaurus merupakan dua binatang terbesar dalam sejarah paleontologi.

Namun tak hanya itu. Berdasarkan keterangan peneliti, saat ditemukan posisi dinosaurus tersebut saling berdekatan satu sama lain.

Tulang mereka juga ada yang saling tumpang tindih. Sisa-sisa kedua hewan tersebut menunjukkan tanda-tanda kerusakan, sehingga peneliti pun memperkirakan, jika telah terjadi duel maut pada kedua mahluk purba itu.

Lebih lanjut, peneliti menyebut jika Triceratops dan Tyrannosaurus rex bertarung sampai mati.

Setelah itu kemudian mereka terkubur dalam sedimen dan memfosil dengan sangat baik.

Spesimen T-rex sendiri bahkan diyakini sebagai satu-satunya spesimen Tyrannosaurus rex terlengkap yang pernah ditemukan.