Koloni Baru Penguin di Antartika Ditemukan Berkat Studi Siswa SMA

Kompas.com - 19/11/2020, 16:02 WIB
Ilustrasi koloni penguin di Antartika. SHUTTERSTOCK/sirtravelalotIlustrasi koloni penguin di Antartika.


KOMPAS.com- Berkat studi dari sekelompok siswa sekolah menengah atas di Stirling High School, sejumlah koloni penguin di Antartika ditemukan.

Keberhasilan yang dicapai sekelompok murid ini mendapat apresiasi dari para peneliti di British Antarctic Survey yang langsung menindaklanjuti temuan koloni baru penguin, seperti dikutip dari BBC, Kamis (19/11/2020).

Awalnya, para siswa ini tengah mengembangkan dan membuat kode algoritma untuk mengidentifikasi koloni baru penguin dari citra satelit.

Untuk memastikan hasil temuan tersebut, para peneliti kemudian menggunakan pencitraan beresolusi lebih tinggi untuk memastikan keberadaan koloni penguin tersebut.

Baca juga: Kekuatan Kotoran, Ungkap Keberadaan Koloni Penguin Kaisar yang Tersembunyi

 

 

Studi mereka mengungkapkan hampir 20 persen lebih koloni penguin kaisar di Antartika. Jauh lebih banyak dari yang diperkirakan sebelumnya.

Proyek studi yang dilakukan para siswa ini terinspirasi oleh program Sir David Attenborough tentang semakin memburuknya kondisi penguin saat ini.

Melalui studi tersebut, mereka ingin melihat apakah koloni penguin dapat ditemukan dengan menggunakan citra satelit yang tersedia secara gratis dan didukung dengan perangkat lunak dalam memprosesnya.

Studi ditemukannya koloni penguin oleh para siswa SMA tersebut telah diakui dalam makalah yang ditinjau oleh rekan sejawat.

Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X