Ilmuwan Temukan Cara Mematikan Protein Perusak dari Virus Corona

Kompas.com - 17/11/2020, 19:32 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Virus corona SARS-CoV-2 memiliki mekanisme unik dalam memproduksi protein destruktif atau protein perusak yang menyebabkan malapetaka pada kesehatan masyarakat.

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan lebih dari 52 juta orang di seluruh dunia terinfeksi penyakit ini.

Salah satu penyebab mudahnya virus corona menular ada pada komponen virus yang mampu mereplikasi diri dengan cepat.

Kemampuan tersebut yang membuat virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 ini mampu dengan cepat merusak organ penting di dalam tubuh.

Baca juga: Studi Baru Temukan Melatonin Berpotensi Mengobati Virus Corona

Namun, baru-baru ini, sebuah studi dilakukan para peneliti di Georgetown University Medical Center yang menemukan cara untuk menghentikan produksi protein destruktif yang dihasilkan oleh virus corona tersebut.

Dilansir dari Science Daily, Selasa (17/11/2020), para peneliti berhasil menggunakan molekul yang terdiri dari untaian kecil RNA.

Kunci dari penelitian ini adalah menggunakan microRNA (miRNA) atau silencing RNA (siRNA), yang mana keduanya merupakan molekul RNA.

Menurut peneliti, molekul-molekul ini dapat memandu ekspresi akhir terkait proses produksi protein yang terjadi pada virus.