Waspada Fenomena Ular Kobra Bermunculan di Musim Hujan, Ini Kata Ahli

Kompas.com - 17/11/2020, 16:32 WIB
Ilustrasi ular kobra Ilustrasi ular kobra


KOMPAS.com- Musim hujan telah tiba, salah satu fenomena yang terjadi yakni munculnya banyak anakan ular kobra Jawa yang berkeliaran di area permukiman.

Menurut ahli herpetologi (reptil dan amfibi) dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amir Hamidy, fenomena ini sering terjadi terutama di musim penghujan seperti saat ini.

"Memang ini juga musimnya telur-telur ular menetas. Bahkan, sebenarnya tidak hanya ular kobra, tetapi juga jenis ular lainnya," kata Amir saat dihubungi Kompas.com, Selasa (17/1/2020).

Di musim hujan bersamaan dengan waktu menetasnya telur- telur ular kobra, maka secara otomatis, kata Amir, populasi anakan ular pasti akan meningkat.

Baca juga: Kapan Teror Ular Kobra Akan Berakhir? Ini Kata Ahli Reptil LIPI

 

Spesies ular kobra, menurut peneliti ular ini, habitat hidupnya berada di sekitar perumahan, lahan persawahan dan perkarangan.

Saat induk ular kobra Jawa menemukan tempat yang tepat dan terlindungi di kawasan-kawasan tersebut, maka mereka akan meletakkan telur-telurnya.

"Hanya saja, induk ular periode inkubasinya sekitar 3 bulanan. Itu artinya, telur-telur tersebut kemungkinan sudah diletakkan sekitar tiga bulan lalu, kemudian di musim hujan ini mulai menetas," jelas Amir.

Setelah menetas, anakan ular kobra Jawa yang mungkin telurnya diletakkan di area permukiman, maka mereka akan menyebar di sekitar manusia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X