Kutub Utara Menghangat, Perilaku Satwa Liar Mulai Berubah

Kompas.com - 16/11/2020, 20:04 WIB
Ilustrasi perubahan iklim berdampak pada suhu di Kutub Utara yang kian menghangat. Ilmuwan menemukan dampaknya terhadap satwa liar di Arktik, salah satunya pada kawanan karibu (caribou), spesies rusa kutub di salah satu benua terdingin di Bumi. SHUTTERSTOCK/Dmitry ChulovIlustrasi perubahan iklim berdampak pada suhu di Kutub Utara yang kian menghangat. Ilmuwan menemukan dampaknya terhadap satwa liar di Arktik, salah satunya pada kawanan karibu (caribou), spesies rusa kutub di salah satu benua terdingin di Bumi.


KOMPAS.com- Kutub Utara memanas dua kali lebih cepat dari tempat lain di Bumi. Dampaknya, satwa- satwa liar yang tinggal di sana pun mulai mengalami perubahan perilaku.

Hewan-hewan seperti karibu, elang emas, beruang grizzly, dan paus diketahui mulai menyesuaikan diri untuk mengatasi efek yang ditimbulkan oleh perubahan iklim itu.

Seperti dikutip dari Smithsonian, Senin (16/11/2020) untuk mempelajari bagaimana perubahan itu, lebih dari 100 ilmuwan dari 17 negara bekerja sama dan mendirikan Arctic Animal Movement Archive (AAMA).

Mereka mengumpulkan data individual hewan menjadi arsip yang sangat besar.

Kumpulan data yang komprehensif ini secara keseluruhan melacak bagaimana 96 spesies berbeda telah berpindah melintasi Arktik selama 28 tahun terakhir.

Baca juga: Pecahkan Rekor, Suhu Siberia Terpanas Sepanjang Sejarah Kutub Utara

 

Data skala besar dan jangka panjang tersebut juga dapat mengungkapkan pola perilaku hewan selama beberapa dekade.

Elie Gurarie, ahli ekologi di University of Maryland bersama rekan-rekannya pun akhirnya menemukan bahwa ada perubahan perilaku pada beberapa hewan.

Ia menyebut kawanan karibu atau spesies rusa kutub, paling utara melahirkan lebih awal dari biasanya.

Secara teori jika bayi-bayi lahir lebih awal, maka mereka dapat menikmati musim panas yang lebih lama untuk diberi makan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X