Mulai Petang Ini, Ada Jupiter-Saturnus dan Mars di Ufuk Timur-Barat Langit Indonesia

Kompas.com - 15/11/2020, 16:31 WIB
Ilustrasi Mars dan Bumi SHUTTERSTOCK/ NikoNomadIlustrasi Mars dan Bumi


KOMPAS.com- Mulai petang ini, sembari menemani Anda menghabiskan akhir pekan, mungkin bisa dicoba untuk mengamati beberapa planet selain bumi yang berkesempatan menghiasi langit, dan dapat dilihat dengan mata telanjang.

Sebenarnya, planet-planet yang akan menghiasi langit ini berkesinambungan dengan fase bulan baru.

Berdasarkan informasi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( Lapan) dalam keterangan resminya hari ini Minggu (15/11/2020), bulan memasuki fase konjungsi atau bulan baru, tepatnya sudah berlangsung sejak siang tadi pada pukul 12.07 WIB.

Baca juga: Mulai Malam Ini, Konjungsi Bulan-Mars Hiasi Langit Indonesia

 

Lapan menjelaskan bahwa, fase bulan baru ini akan ada dengan jarak geosentris 358.348 km dan diameter sudut 33,35 menit busur.

"Bulan akan terletak di konstelasi Libra," tulis Lapan.

Adapun ketinggian bulan yang terjadi akan berbeda-beda di setiap wilayah di Indonesia, petang nanti.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X