Kompas.com - 14/11/2020, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Sebuah asteroid berukuran cukup besar akan kembali lewat dekat bumi hari ini, Sabtu (14/11/2020).

Asteroid tersebut bernama 2020 ST1 dan termasuk asteroid dekat-bumi kelas Amor, sehingga memiliki orbit yang bisa bersinggungan dengan orbit Bumi dan orbit Mars.

Dijelaskan oleh astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo bahwa asteroid 2020 ST1 ini akan lewat di dekat Bumi dalam jarak 19,1 kali lipat jarak rata-rata Bumi-Bulan.

"Asteroid ini tidak memiliki potensi untuk bertabrakan dengan Bumi, setidaknya hingga satu abad ke depan," ujar Marufin.

Hal ini dinyatakan berdasarkan orbitnya yang diketahui pada saat ini, dan dengan memerhitungkan gangguan gravitasi Bumi, serta planet-planet lainnya seperti Venus, Mars dan Jupiter selama seabad ke depan.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Asteroid 2020 TY1 yang Lewat Dekat Bumi Hari Ini

Marufin menuturkan, lewat perhitungan integrasi gravitasi dapat diketahui bahwa orbit asteroid 2020 ST1 tidak bersinggungan atau berpotongan dengan orbit Bumi. 

Sehingga, asteroid ini hanya lewat pada jarak tertentu, misalnya 7,3 juta kilometer, seperti yang terjadi pada hari ini.

Apa efek fenomena ini terhadap Bumi?

Ditegaskan Marufin, tidak akan ada efek dari fenomena ini terhadap Bumi, karena gravitasi asteroid ini sangat kecil.

"Justru sebaliknya, gravitasi Bumi yang luar biasa (jika dibandingkan asteroid ini) sanggup menggeser orbit asteroid 2020 ST1," tegasnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.