Asteroid 2020 ST1 Lewat Dekat Bumi, Sayang 5 Kali Lebih Redup dari Pluto

Kompas.com - 14/11/2020, 17:05 WIB
Ilustrasi asteroid ratpack223Ilustrasi asteroid

KOMPAS.com - Hari ini, Sabtu (14/11/2020), salah satu asteroid akan kembali melintas lewat dekat bumi, yaitu Asteroid 2020 ST1.

Dijelaskan oleh astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo bahwa Asteroid 2020 ST1 ini adalah asteroid dekat-bumi kelas Amor, sehingga memiliki orbit yang bisa bersinggungan dengan orbit Bumi dan orbit Mars.

Hari ini, asteroid 2020 ST1 ini akan lewat di dekat Bumi dalam jarak 19,1 kali lipat jarak rata-rata Bumi-Bulan.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Asteroid 2020 TY1 yang Lewat Dekat Bumi Hari Ini

Di balik nama Asteroid 2020 ST1

Perhimpunan Astronomi Internasional memiliki sistematika untuk mengidentifikasi benda-benda langit mini seperti asteroid dan komet, mengingat jumlah penemuannya yang sangat banyak dalam kurun dasawarsa terakhir.

Marufin menjelaskan, secara tradisional sebenarnya nama-nama mitologis adalah nama yang banyak digunakan untuk menamai benda-benda langit.

Sayangnya, nama-nama mitologis yang ada di kebudayaan-kebudayaan di Bumi sangat terbatas.

Sistem identifikasi yang diberikan tersebut menjamin sebuah asteroid atau komet adalah khas dan tidak tertukar dengan asteroid atau komet yang lain.

"2020 ST1 menunjukkan asteroid itu ditemukan pada tahun 2020, tepatnya pada paruh kedua bulan September 2020 (letter S)," kata Marufin kepada Kompas.com, Sabtu (14/11/2020).

Paruh kedua September yang dimaksudkan, yakni antara tanggal 15 hingga 30 September.

Untuk diketahui, asteroid ini adalah asteroid baru ke-19 yang ditemukan dalam rentang waktu tersebut.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Asteroid antara Mars-Jupiter Bernilai 10 Juta Triliun Dollar AS

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X