Daftar Buah yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Kompas.com - 13/11/2020, 19:30 WIB
Ilustrasi buah firinaIlustrasi buah

KOMPAS.com - Penderita diabetes atau disebut diabetesi harus sangat membatasi asupan tinggi gula, termasuk beberapa jenis buah.

Tak jarang, para penderita diabetes merasa bingung saat ingin mengonsumsi buah. Pasalnya, banyak buah-buahan memiliki rasa manis, yang mana ini dikhawatirkan dapat meningkatkan kadar gula darah.

Namun, menurut dr Yohan Samudra SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Primaya Hospital Tangerang, buah-buahan adalah camilan yang baik untuk diabetesi.

"Karena buah-buhan kaya akan vitamin dan mineral, serat, juga fitokimia yang bersifat antioksidan," kata Yohan dalam pesan singkat yang diterima Kompas.com, Jumat (13/11/2020).

Baca juga: Hari Diabetes, Kenali Berapa Banyak Kalori di Makanan Anda

Diakui Yohan, buah-buahan memang mengandung gula buah bernama fruktosa, tetapi serat yang juga terkandung dalam buah berfungsi memerlambat penyerapan gula buah.

Sehingga, kadar gula darah tidak akan naik dengan cepat. Selain itu, serat juga akan memberikan rasa kenyang lebih lama.

"Maka saat mengonsumsi buah, disarankan dengan menggigitnya langsung, bukan dalam bentuk jus," jelasnya.

Buah-buahan yang dianjurkan

Umumnya buah-buahan yang banyak mengandung serat sangat baik untuk memerlambat penyerapan nutrisi di dalam tubuh, sehingga gula darah tidak cepat naik mendadak. Berikut di antaranya:

- Pepaya

- Apel

- Stroberi

- Pir

- Plum

- Jambu biji

- Aprikot

- Kiwi

- Jeruk

- Pisang mentah

- Belimbing

- Ceri

- Golongan berries dan anggur

"Namun jumlahnya tetap harus diperhatikan," tuturnya.

Baca juga: Mitos atau Fakta: Pare Bisa Membantu Obati Diabetes?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X