Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Kebutuhan Anak yang Harus Dipenuhi Orangtua Selama Belajar Online

Kompas.com - 13/11/2020, 17:30 WIB
Dinda Zavira Oktavia ,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap orang tentu memiliki kebutuhan berbeda. Begitu pun fokus belajar pada setiap anak pasti berbeda.

Di masa pandemi ini, di mana semua proses belajar dilakukan secara online di rumah, orangtua perlu memenuhi kebutuhan anak, agar bisa fokus belajar selama pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Menurut Damar Wijayanti, SIP., Dipl. Edu. Montessori, Pemerhati Pendidikan Anak, ada dua hal yang menjadi kebutuhan anak selama proses belajar online, rasa aman dan nyaman.

"Kedua kebutuhan, yaitu rasa aman dan nyaman harus orangtua berikan pada anak saat masa PJJ ini," ujar Damar pada webinar Dancow FortiGro, Kamis (12/11/2020).

Baca juga: Anak Stres Belajar Daring? Ini Saran Psikolog untuk Mencegahnya

Damar melanjutkan, ada tiga hal yang bisa dilakukan orangtua untuk memenuhi rasa aan anak, pertama hindari kebiasaan mengancam anak. Misalnya saat anak sedang tak ingin belajar, orangtua mengancam tak akan mengizinkannya bermain.

"Seorang anak bisa merasa sangat terancam akibar perkataan yang dilontarkan orangtuanya, sehingga ia tidak merasakan rasa aman," tutur Damar.

Kedua, Damar menekankan untuk tidak menghukum anak, ketika anak sedang tak ingin belajar.

"Ketiga, hindari memburu-buru anak saat akan melakukan belajar online," katanya.

Sedangkan untuk memenuhi rasa nyaman anak selama pembelajaran jarak jauh, Damar mengatakan, orangtua harus membuat anak merasa dicintai apa adanya. Anak harus merasa diterima oleh keluarga dan kelompoknya.

Di samping itu, penting untuk memberi waktu yang cukup pada anak untuk bermain dan berinteraksi dengan teman-teman sebayanya.

"Pada saat PJJ, hal yang dapat Anda lakukan adalah bekerja sama dengan orangtua sekelas anak Anda untuk membiarkan mereka melakukan video call sebagai bentuk interaksi dan dengan begitu mereka juga akan merasa di terima oleh teman-temannya," jelas Damar.

Baca juga: Orangtua Wajib Tahu, Ada 4 Aspek Tumbuh Kembang Anak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com