Wabah E Coli Baru, CDC Ungkap 12 Orang Sakit Diduga dari Selada

Kompas.com - 11/11/2020, 18:02 WIB
Escherichia coli (E. coli), bakteri penyebab diare. CDCEscherichia coli (E. coli), bakteri penyebab diare.


KOMPAS.com- Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit ( CDC) Amerika Serikat melaporkan 12 orang sakit dan lima dirawat di rumah sakit setelah terinfeksi bakteri Escherichia coli (E. coli).

CDC melaporkan bahwa bakteri E coli yang ditemukan mewabah di sejumlah negara bagian itu merupakan jenis baru, seperti diberitakan CNN, Rabu (11/11/2020).

Strain wabah E coli yang dilaporkan di 6 negara bagian itu terindentifikasi pada sampel selada romaine yang dikemas Tanimaura & Antle romaine.

Kendati sejumlah orang dilaporkan sakit akibat infeksi bakter ini, namun tidak ada kematian yang dilaporkan.

Baca juga: Lantaran Infeksi E. Coli, Bayi Gorila Ini Jadi Yatim Piatu

 

Dalam sebuah pernyataan CDC mengatakan produk selada romaine tersebut telah ditarik kembali oleh distributornya setelah pejabat di Michigan mengidentifikasi E. coli 0157:H7 selama pengambilan sampel selada tersebut.

Melihat strain bakteri dari sampel yang diteliti, melalui seluruh sekuensing genom, sampel bakteri pada selada tersebut sama dengan dengan strain yang diidentifikasi pada pasien yang dilaporkan sakit.

Akan tetapi informasi yang tersedia masih tidak cukup untuk membuktikan hubungan dengan wabah tersebut.

"Orang biasanya jatuh sakit karena E. coli yang menghasilkan racun Shiga (STEC), dua sampai delapan hari (rata-rata tiga sampai empat hari) setelah menelan kuman," jelas CDC.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X